Mengapa Paus Fransiskus Mau Mencium Kaki 12 Orang Narapidana? Ini Alasannya

Paus Fransiskus mencium kaki 12 orang narapidana di Penjara Velletri, di luar ibu kota Italia, Roma, saat Kamis Putih, menjelang Paskah.

Mengapa Paus Fransiskus Mau Mencium Kaki 12 Orang Narapidana? Ini Alasannya
(Vatican Media via Reuters)
Paus Fransiskus ketika membasuh dan mencium salah satu kaki narapidana di Penjara Velletri, Roma, dalam perayaan Kamis Putih (18/4/2019). 

Paus Fransiskus mencium kaki 12 orang narapidana di Penjara Velletri, di luar ibu kota Italia, Roma, saat Kamis Putih, menjelang Paskah.

TRIBUNJAMBI.COM - Rangkaian Tri Hari Suci Paskah dimulai dengan memperingati Kamis Putih (18/4/2019).

Yakni ketika Yesus Kristus membasuh kaki para murid dan mengadakan Perjamuan Terakhir.

Paus Fransiskus dilaporkan memperingati Kamis Putih dengan membasuh serta mencium kaki 12 orang narapidana di Penjara Velletri, di luar ibu kota Italia, Roma.

Diberitakan Al Jazeera, dalam pembasuhan itu Paus Fransiskus meminta kepada para napi untuk menghindari hukum rimba, dan mengingatkan pentingnya membantu satu sama lain.

Baca Juga

 Jadwal Misa Paskah (Malam Paskah dan Minggu Paskah) Gereja Katolik di Jakarta dan Jambi

 Ucapan Selamat Paskah Animasi Bergerak, Buat Paskahmu Unik dan Anti-Mainstream

 Ibu Dosen Sajikan Racun Tikus untuk Sang Kekasih, Politikus Golkar Tewas di Pinggir Jalan Raya

 Postingan Tajam Ranty Maria Tulis Annoying People, karena Tak Diundang Irish Bella & Ammar Zoni?

 Siapa Sebenarnya Grace Natalie? Terungkap Suaminya Ahli Aplikasi-Inovasi dan CEO Perusahaan

Tindakan mencuci dan mencium kaki para tahanan merupakan yang kelima dilakukan Paus asal Argentina itu sejak dia menjabat sebagai Pemimpin Gereja Katolik pada 2013.

Pendahulu Paus Fransiskus biasanya memperingati Kamis Putih dengan membasuh kaki 12 imam dan berlokasi di salah satu basilika yang terletak di Kota Roma.

Namun sejak menggantikan Paus Benediktus XVI, Paus Fransiskus memindahkan pelayanan itu ke penjara, pusat penampungan migran, hingga rumah bagi lanjut usia.

Kepada para napi, Fransiskus mengatakan ketika di masa Yesus, tugas mencuci kaki tamu biasanya diserahkan kepada budak atau pelayanan hingga Yesus sendiri yang melakukannya.

Paus Fransiskus ketika membasuh dan mencium salah satu kaki narapidana di Penjara Velletri, Roma, dalam perayaan Kamis Putih (18/4/2019).
Paus Fransiskus ketika membasuh dan mencium salah satu kaki narapidana di Penjara Velletri, Roma, dalam perayaan Kamis Putih (18/4/2019). ((Vatican Media via Reuters))
Halaman
12
Editor: duanto
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved