VIDEO: Penemuan Cacing Misterius Ini berada di Kawasan Candi Muaro Jambi

VIDEO: Penemuan Cacing Misterius Ini berada di Kawasan Candi Muaro Jambi

VIDEO: Penemuan Cacing Misterius Ini berada di Kawasan Candi Muaro Jambi

TRIBUNJAMBI.COM - Seekor hewan aneh dengan kepala unik berbentuk seperti martil ditemukan di komplek percandian Muaro Jambi tepatnya di area Candi Koto Mahligai dan berhasil direkam dalam video.

Seekor cacing dengan motif bergaria hitam dan putih serta bentuk kepala yang aneh. Menurut para ahli, hewan tersebut merupakan spesies yang belum teridentifikasi dari genus Bipalium, atau yang lebih dikenal dengan nama cacing kepala martil.

Baca: VIDEO: Heboh! Warga Ramai Tangkap Hewan Aneh Bisa Menangis, Jeritannya Seperti Anak Bayi!

Baca: PEMBAJAKAN Pesawat Berakhir Mencekam, Pilot Tembak Mati Pembajak yang Masih Pegang Granat

Baca: Jamaah yang Sudah Berhaji dan Berangkat Lagi Tahun Ini, Dikenakan Biaya Tambahan Visa Progresif

Bukan cuma penampilan tubuhnya yang aneh, fungsi organ cacing kepala martil ini juga terbilang tak lazim. Hewan tersebut memiliki sebuah lubang di bagian bawah tubuh yang berfungsi sebagai mulut sekaligus anus. 

"Saat cacing ini hendak makan, lubang multiguna mereka membentangkan faring seperti lembaran berlapis kelenjar yang diletakkan di atas mangsanya, biasanya cacing tanah," kata Peter Ducey, ahli biologi di State University of New York di Cortland.

Cabang usus mereka tersebar di seluruh tubuh untuk menyebarkan nutrisi, karena cacing tak memiliki sistem peredaran darah. Sehari setelah makan, cacing itu akan mengeluarkan kotoran melalui saluran yang sama untuk makan.

Keunikan cacing ini tak berhenti sampai di situ. Karena semua spesies Bipalium merupakan hermafrodit, mereka berkembang biak dengan cara yang lebih fleksibel.

Baca: Kabar Terkini Vanessa Angel, Mucikari Akan Beberkan 3 Pengusaha yang Gunakan Jasa VA di Persidangan

Baca: Istri Ke-7 Soekarno Bongkar Kekuatan Gaib dan Bung Karno, Ungkap Soal Meditasi dan Semedi

Baca: VIDEO: 31 Tahun Dikubur Jasad Kiai di Blitar Ini Masih Utuh, Warga Kaget Saat Bongkar Makam

Beberapa spesies bertukar sperma melalui fertilisasi internal dan kemudian bertelur di dalam atau di atas tanah. Di samping itu, banyak pula yang bereproduksi secara aseksual dengan fragmentasi.

"Mereka melepaskan secuil bagian tubuh mereka saat merayap di tanah, dan kemudian potongan tersebut akan menumbuhkan semua bagian tubuh yang diperlukan... dan voila, jadilah seekor cacing baru," jelas Ducey.

Ia menambahkan, beberapa cacing bahkan bisa mengembangkan kedua metode reproduksi tersebut. Selain itu, karena kepalanya terlalu lembek untuk digunakan sebagai penggali tanah, cacing kepala martil ini akan menempati lubang yang dibuat oleh hewan-hewan lain.

Baca: Ahmad Dhani Sakit & Diinfus di Sel Tahanan serta Reaksi Maia Estianty yang Posting Emoji Julur Lidah

Baca: Sempat Sakit Hati Di-unfollow Syahrini, Seperti Ini Balasan Tak Terduga Hotman Paris ke Incess

Cacing kepala martil mengandung racun yang sama dengan ikan buntal dan dapat berbahaya jika termakan. Karena masih banyak spesies yang belum diidentifikasi, para ahli menyarankan untuk menghindari kontak langsung jika Anda kebetulan menjumpai cacing ini.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cacing Misterius Ini Punya Mulut yang Juga Berfungsi sebagai Anus", https://sains.kompas.com/read/2017/07/19/160600023/cacing-misterius-ini-punya-mulut-yang-juga-berfungsi-sebagai-anus. 

Penulis: haniftribun
Editor: budi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved