Pemkab Kerinci Fokuskan Pengembangan Ikan Semah, Tahun Ini Targetkan 10 Ribu Benih Ikan Semah

Selain itu llima paket ikan nila dan gurami senilai Rp40 juta setiap paket, dan delapan paket ikan lele senilai Rp40 juta setiap paket.

Pemkab Kerinci Fokuskan Pengembangan Ikan Semah, Tahun Ini Targetkan 10 Ribu Benih Ikan Semah
NET
IKAN SEMAH

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Herupitra

TRIBUNJAMBI.COM, KERINCI - Pada 2019 ini, bantuan perikanan di Kabupaten Kerinci akan difokuskan untuk pengembangan ikan Semah. Ada dua paket bantuan induk ikan semah yang bersumber dari anggaran dana alokasi khusus (DAK) dari pemerintah pusat.

Kepala Dinas Perikanan Kerinci, H. Syafruddin menyebutkan, untuk pengembangan produksi ikan semah, Kabupaten Kerinci telah memiliki instalasi perbenihan ikan semah menggunakan teknologi sederhana yang berada di Desa Koto Petai.

Baca: Maia Estianty Mau Jodohkan Dul dengan Aaliyah Massaid, Begini Tanggapan Reza Artamevia

Baca: Video Cuplikan Lengkap Gol-gol dari Hasil Laga Liverpool vs Leicester City, Klasemen Berubah Total

Baca: Kehebatan Kopassus Tumpas Komunis, Sarwo Edhie dan Pasukan Pernah Kepung Istana Presiden

"Selama ini, ikan semah yang ada di Kerinci berkembang secara liar di danau dan sungai. Dengan bantuan teknologi melalui suntikan hormon terhadap induk ikan semah, maka ikan semah dapat bertelur dan ditetaskan di akuarium," ungkapnya.

Menurutnya, melalui teknologi tersebut, sudah menghasilkan 10 ribu benih ikan semah pada tahun 2018 lalu. Dan, pada tahun ini akan kembali ditargetkan sebanyak 10 ribu benih ikan semah.

"Kita tidak melakukan pembudidayaan ikan semah, sebatas hanya pembenihan dan kemudian dilepas liarkan di danau dan di sungai," sebutnya.

Baca: Cara Whatsapp Bikin Last Seen atau Status Palsu, Tak Perlu Root Smartphone Kamu, 100 Persen Berhasil

Baca: Pemkab Tanjabbar dan LPPI Libatkan 1000 Perempuan Untuk Tingkatkan Kesejahteraan Keluarga

Baca: Sel Tempat Ahmad Dhani Ditahan Bau Pesing, Pengacaranya Ungkap Kondisi Terkini Kliennya

Selain Pengembangan ikan semah kata Syafruddin, pihaknya telah mengusulkan beberapa paket bantuan ikan melalui dana DAK. Yakni dua paket bantuan induk semah senilai Rp30 juta untuk masing-masing paket.

Selain itu llima paket ikan nila dan gurami senilai Rp40 juta setiap paket, dan delapan paket ikan lele senilai Rp40 juta setiap paket.

"Dalam 1 paket bantuan berisi benih ikan, pakan, dan peralatan kolam," jelasnya.

Sementara dari dana APBD ungkapnya, diusulkan pembangunan dua unit rumah jaga untuk lubuk larangan yang ada di Desa Jernih Jaya, Kecamatan Kayu Aro dan Desa Sungai Batu Ganti, Kecamatan Gunung Kerinci.(*)

Penulis: heru
Editor: budi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved