Health and Beauty

Khawatir Payudara Mengendur karena Menyusui? Anda Salah! Simak 6 Penyebab Utama

Sebagian wanita kerap menganggap payudara mengendur merupakan mimpi buruk. Penyebabnya, selain karena faktor penuaan,

Khawatir Payudara Mengendur karena Menyusui? Anda Salah! Simak 6 Penyebab Utama
DOK/SHUTTERSTOK
Ilustrasi 

TRIBUNJAMBI.COM - Sebagian wanita kerap menganggap payudara mengendur merupakan mimpi buruk.  Penyebabnya, selain karena faktor penuaan, tidak memakai bra, hingga menyusui.

Padahal tidak semua alasan itu tepat, Anda perlu mengetahui penyebabnya sehingga bisa melakukan antisipasi sehingga payudara bisa  tetap kencang lebih lama.

Baca: Mengasramakan Anak Dibawah Usia 16 Tahun Dorong Prilaku Jadi LGBT?

Dokter Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons dalam ulasannya pada Rubrik Info Sehat  di Klikdokter.com menjelaskan, payudara merupakan salah satu aset kecantikan seorang wanita. Payudara yang kencang adalah impian semua wanita, sehingga ketika payudara terasa kendur, wanita menganggapnya sebagai mimpi buruk.

"Kondisi payudara kendur bahkan dapat memengaruhi kepercayaan diri seseorang," ujar dr. Alberta. Beberapa info yang beredar menyebutkan bahwa penyebab payudara kendur di antaranya adalah penuaan, tidak menggunakan bra, menyusui, dan lain sebagainya.

Sayangnya, hal ini membuat beberapa ibu menolak untuk menyusui bayinya karena takut payudara kendur. Padahal, ASI (Air Susu Ibu) adalah asupan terbaik untuk sang bayi, lho.

Perlu diketahui payudara kendur tidak hanya terjadi pada lansia, seorang remaja pun bisa mengalaminya. Secara umum memang payudara kendur pada wanita yang mengalami menopause.

Berikut beberapa penyebab payudara mengendur:

Baca: 4 Anak dari 4 Istrinya Diwisuda Bersamaan

Baca: Dibalik Fenomena Menjamurnya Hubungan Sejenis, Ini Risiko Cara Intim Mereka pada Kesehatan

a. Penuaan

Setiap organ dan bagian tubuh Anda akan mengalami penurunan fungsi akibat penuaan, termasuk payudara. Organ payudara Anda terdiri dari jaringan ikat atau penghubung, yaitu ligamen Cooper’s. Ligamen tersebut berfungsi untuk menyokong payudara Anda agar tetap kencang dan pada posisinya.

Penuaan menyebabkan ligamen tersebut mengendur atau meregang, sehingga payudara Anda juga akan kendur. Terlebih lagi pada masa menopause, jaringan kelenjar pada payudara akan digantikan oleh lemak.

Halaman
123
Penulis: fifi
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved