KM Berkat Anugrah Tenggelam

Video Detik-detik Penyelamatan Korban Tenggelamnya KM Berkat Anugerah, Penumpang Warga Nipah Panjang

Kapal Motor Berkat Anugrah yang berangkat dari Nipah Panjang menuju Batam tenggelam di Perairan Lingga, Kepulauan Riau.

Video Detik-detik Penyelamatan Korban Tenggelamnya KM Berkat Anugerah, Penumpang Warga Nipah Panjang
istimewa
kapal motor dari Nipah Panjang bermuatan paisang yang tenggelam di perairan Selat Tanjung Kelit 

TRIBUNJAMBI.COM - Kapal Motor Berkat Anugrah yang berangkat dari Nipah Panjang menuju Batam tenggelam di Perairan Lingga, Kepulauan Riau.

Kapal yang berisikan 13 penumpang tersebut membawa hasil pertanian dari Tanjung Jabung Timur menuju Kepri.

Tenggelamnya kapal diduga karena ombak yang menggulung kapal tersebut.

Dengan seketika dan muncul tiba-tiba ombak besar menggulung kapal kargo naas yang karam di perairan Tanjung Kelit Kecamatan Senayan kabupaten Lingga.

Selain basarnas dan Kepolisian d Polres lingga, Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) IV Tanjungpinang melalui Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Dabo Singkep membantu proses evakuasi dan pencarian.

Baca: Kronologi Tenggelamnya KM Berkat Anugrah, Tiba-tiba Muncul Ombak Besar Menggulung Kapal

"Kita mengerahkan dua Patroli Keamanan Laut (Patkamla) Cempa dan Patkamla Dabo Singkep untuk melakukan Search and Rescue (SAR) terhadap Kapal Kargo yang tenggelam di Perairan Tanjung Kelit," kata Danlantamal lV Laksamana Eko Suyatno, Minggu (24/6/2018).

Kejadian tersebut diperkirakan lantaran cuaca buruk angin kencang yang menyebabkan gelombang ombak meninggi dan menerpa kapal tersebut.

Kapal Kargo KM Berkat Anugerah tersebut berangkat dari Nipah Panjang tujuan Bagan Tanjung Piayu, Batam, membawa 13 orang penumpang terdiri dari 11 laki-laki dan 2 perempuan dengan muatan pisang dan kelapa.

"Saat berada di sekitar Tanjung Kelit kapal di hantam badai mengakibatkan kapal tenggelam. Selang beberapa lama di tempat kejadian melintas Kapal Oceana 10 dan melakukan pertolongan terhadap para penumpang yang terombang ambing dan berhasil menyelamatkan 12 orang terdiri dari 11 laki-laki dan 1 perempuan dan 1 orang belum diketemukan," katanya lagi.

Baca: Terombang Ambing di Laut Beginilah Cerita 13 Penumpang KM Berkat Anugrah yang Tenggelam Bisa Selamat

Kapal diketahui membawa hasil pertanian.

Terkait dengan kejadian tersebut Komandan Lantamal IV Laksamana Pertama TNI R Eko Suyatno segera memerintahkan jajaran di bawahnya yakni Lanal Dabo Singkep untuk mengerahkan unsur-unsur melakukan SAR terhadap korban kapal tenggelam dan berkoordinasi dengan Basarnas setempat.

Selanjutnya Patkamla Cempa dan Patkamla Dabo Singkep segera melakukan pencarian bersama dengan unsur Basarnas setempat terhadap 1 orang korban dan berhasil menemukan dalam keadaan meninggal dunia.

Kemudian untuk memberikan tindakan pertolongan lanjutan seluruh penumpang dibawa menuju Pelabuhan Tanjung Kelit Kecamatan Senayang Kabupaten Lingga dan dilakukan pengecekan di Puskesmas setempat. (*)

Lihat video penyelamatannya di bawah ini

Editor: bandot
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved