Stok Blangko Tilang di Polres Tanjabtim Menipis, Pelanggar Ringan Untuk Sementara Lepas

Persediaan belangko tilang untuk pengendara yang melanggar, di Satuan Lalulintas Polres Tanjung Jabung menipis

Stok Blangko Tilang di Polres Tanjabtim Menipis, Pelanggar Ringan Untuk Sementara Lepas
tribunjambi/zulkifli
Kasat Lantas PolresTanjabtim, Akp Termirizal 

Laporan Wartawan Tribun Jambi Zulkifli

TRIBUNJAMBI.COM, MUARA SABAK - Persediaan belangko tilang untuk pengendara yang melanggar, di Satuan Lalulintas Polres Tanjung Jabung menipis dua bulan terakhir, akibatnya jumlah tindakan tilang terhadap pelanggaran lalu lintas di Polres Tanjabtim menurun drastis.

Hal tersebut diakui oleh Kasat Lantas PolresTanjabtim, Akp Termirizal saat dikonfirmasi Tribunjambi.com pada kamis (12/4), dikatakannya berkurangnya stok belangko tilang di Polres Tanjabtim terjadi sejak akhir Februari lalu.

Ini tidak hanya terjadi di Polres Tanjabtim kemungkinan di Polres lain juga terjadi, karena pengadaan Belangko tilang berasal dari Korlantas Polri.

"Saat ini Stok belangko kita memang menipis, makanya kita hanya melakukan tidakan penilangan terhadap yang pelanggar betul-betul safety skala prioritas, atau benar-benar pelanggaran yang fatal, seperti tidak menggunakan helm, dan Safety prioritas lainya,. Selain itu kita giatkan kegiatan Patroli," kata Termirizal.

Pihak Satlantas Tanjabtim belum mengetahui secara pasti kapan pendistribusian belangko tilang di distribusikan di Polres.

"Belum kita ketahui kapan ada pengadaan stok blangko tilang. Tapi berdasarkan informasi yang kita dapat biasanya tendernya pada bulan Mei, jadi pendistribusiannya ke kita kira-kira pada bulan enam. Kita dak tahulah mungkin ada kebijakan lain, seperti tahun dulu daerah mana yang banyak tilangnya itu didistribusikan lebih dahulu," ujar Termirizal.

Dilanjutkan Termirizal, akibat situasi ini jumlah tidakan penilangan terhadap pengendara yang melanggar menurun derastis. Pada operasi keselamatan yang digelar Polres Tanjabtim yang lalu lebih banyak pada kegiatan sosialisasi.

"Nah pada tanggal 26 April sampai 8 Mei ini mau melaksanakan operasi patuh, biasanya operasi patuh ini lebih cendrung pada penindakan, sementara stok belangko tilang kita menipis, makanya pra ops ini kita mau melakukan koordinasi dengan Dirlantas Polda," ujar Kasat.

Sebelumnya, jika Belangko tilang ada, Termirizal menargetkan setiap bulan Sat Lantas Polres Tanjabtim dapat mengeluatkan 500 surat tilang kepada pelanggar.

"Target saya seperti itu kalau surat tilang ada, agar bisa mengimbangi tahun kemarin 2017 kemarin mengeluarkan sebanyak 5000 lebih surat tilang," pungkasnya.

Penulis: Zulkifli
Editor: nani
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved