Breaking News:

'Perbaiki Dulu Baru Boleh Jalan' 12 Bus Kena Razia di Terminal Sarolangun

Secara teknis misalnya lampu mati satu maka akan kita rekomendasikan untuk mengganti, tapi apabila ban botak, rem blong, kita suruh ganti..."

Tribun Jambi/Teguh Supriyatno
Kementerian Balai Pengelola Transportasi Darat wilayah V Provinsi Jambi dan Direktorat Lalulintas Polda Jambi, menggelar razia kelayakan angkutan umum di Terminal Bus Tipe A Sri Bulan Kabupaten Sarolangun. 

Laporan wartawan Tribun Jambi Teguh Suprayitno

TRIBUNJAMBI.COM, SAROLANGUN - Hingga Rabu (28/3) siang, sudah 12 kendaraan angkutan umum terjaring razia. Kementerian Balai Pengelola Transportasi Darat wilayah V Provinsi Jambi dan Direktorat Lalulintas Polda Jambi, menggelar razia kelayakan angkutan umum di Terminal Bus Tipe A Sri Bulan Kabupaten Sarolangun.

Kepala Seksi LLAJ BPTD Wilayah V Tipe A Jambi, Hariwinanto, mengatakan sejak pagi ada 17 kendaraan umum yang memasuki terminal Sri Bulan, mulai bus AKAP dan AKDP.

Dari semuanya itu, 12 kendaraan bus terbukti melanggar dan dikenakan tilang.
"Pelanggarannya macam-macam, ada penyimpangan operasional, kartu pengawasan sudah tidak berlaku, sampai kartu pengawasan hanya foto kopian," katanya.

Dia juga mengatakan akan merazia bus pariwisata, karena dinilai banyak menelan korban kecelakaan. Hal ini dikarenakan bus pariwisata jarang dimonitor dari petugas. “Banyak sekali kejadian akibat dari kendaraan yang tidak beres, utamanya sekarang bus pariwisata saya minta tolong disini kalau ada bus pariwisata yang lewat kita masukin semua,” katanya.

Baca: HEBAT! Pebulutangkis Muda Tebo Masuk Audisi Umum Djarum Beasiswa Bulutangkis 2018

Baca: Hotman Paris Terciduk, Pakai Jas Perhiasan Mentereng, Ngopi di Pinggir Jalan

Dalam razia tersebut, Satlantas Polres Sarolangun juga ikut andil, dan berhasil menjaring tiga travel ilegal yang terbukti tidak memiliki izin. Namun, secara umum kata Hariwinanto, dari semua bus yang masuk dalam terminal Sri Bulan dalam kondisi layak jalan dan hanya perlu diberikan peringatan kecil.

Sementara, Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat Provinsi Jambi, Firdaus Rasyad, mengatakan razia kelayakan angkutan umum yang digelar di terminal Sri Bulan Sarolangun, kemarin dan hari ini merupakan kegiatan rutin untuk pembinaan dan pengawasan angkutan umum. Itu dilakukan untuk meningkatkan keselamatan pengendara dan penumpang di jalan.

“Kegiatan hari ini serentak dilakukan di seluruh Indonesia, untuk Provinsi Jambi kita ada 3 tempat yaitu terminal Alam barajo kota Jambi, terminal bungo, Muaro Bungo dan terminal Sri Bulan Sarolangun,” katanya.

Dalam razia tersebut, pihaknya akan memeriksa kelengkapan surat seperti buku kir, SIM dan STNK. Sedangkan secara teknis sejumlah kelengkapan kendaraan mulai dari penghapus kaca, rem, lampu hingga ban akan dilakukan pengecekan.

“Pemeriksaan ini akan kita lakukan dua hal bersama pihak kepolisian, kalau secara administrasi dia tidak lengkap maka akan kita tilang. Secara teknis misalnya lampu mati satu maka akan kita rekomendasikan untuk mengganti, tapi apabila ban botak, rem blong, kita suruh ganti dulu baru boleh jalan,” katanya.

Baca: Terekam, Cakram Perak Terbang Dekat Helikopter, Bukan Drone, Dipercaya Benda Itu Adalah

Baca: Saat Keluar Kompleks Pengadilan, Mobil Tahanan Kejari Tanjab Timur Ternyata Kosong, Terdakwa

Penulis: Teguh Suprayitno
Editor: Edmundus Duanto AS
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved