Kadus Terlibat Ilegal Logging, Diamankan Saat Bawa Kayu Keluar

Pemalakan liar atau illegal loging masih marak terjadi di Kabupaten Sarolangun. Buktinya beberapa pemain kayu berhasil

Kadus Terlibat Ilegal Logging, Diamankan Saat Bawa Kayu Keluar
TRIBUN JAMBI/HERUPITRA

TRIBUNJAMBI,COM, SAROLANGUN - Pemalakan liar atau illegal loging masih marak terjadi di Kabupaten Sarolangun. Buktinya beberapa pemaian kayu berhasil diamankan Polres Sarolangun.

Baru-baru ini Polres Merangin mengamankan seorang perangkat desa, yakni Kadus di Desa Rangkiling Simpang. Herman (44) diamankan karena kedapatan mambawa kayu menggunakan truk.

Informasi yang didapatkan Tribun, penangkapan tersebut terjadi pada akhir pekan kemarin. Sekitar pukul 5.00 Wib, petugas anggota Polsek Mandiangin melihat truk bermuatan kayu melintas di Jalan lintas Sarolangun-Tembesi.

Curiga dengan muatan truk tersebut, petugas langsung memberhentikannya. Setelah diamankan ternyata di dalam truk tersebut berisi kayu tanpa dokumen.

Pemilik dan truk berisi kayu tersebut kemudian digiring ke Mapolsek Mandiangin. Dan kemudian dilaporkan ke Mapolres untuk proses lebih lanjut.

Kapoles Sarolangun, dikonfirmasi sejumlah wartawan, Kamis (30/3) membenarkan hal tersebut. Dia mengatakan, saat ini tersangka dan barang bukti telah diamankan di Mapolres.

“Ya, ada satu orang tersangka illegal logging kita amankan,” ucapnya.

Dia mengatakan, tersangka merupakan perangkat desa. Yakni salah seorang Kadus di Desa Rangkiling Simpang, Kecamatan Mandiangin, Kabupaten Sarolangun.

Diungkapkannya, tersangka diamankan karena dengan sengaja menguasai dan memiliki hasil hutan (kayu) tidak dilengkapi dengan surat keterangan yang sah. Akibat perbuatannya tersebut tersangka terancam lima tahun penjara dan denda paling sedikit Rp 500 juta.

“Polres Sarolangun tidak tebang pilih dalam penegakan hukum. Walaupun terdapat anggota sendiri terlibat tetap diproses sesuai dengan hukum yang berlaku,” tegasnya.

Untuk ditahui sebelumnya Polres Merangin juga berhasil mengamankan tersangka illegal loging. Tersangka yang diamakan sebelumnya juga berasal dari kecamatan Mandiangin.

Penulis: heru
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved