E KTP

Budi Bolak-balik Urus Suket, Tak Kunjung Keluar

Lambannya pelayanan publik di Kabupaten Kerinci masih menjadi keluhan sejumlah warga. Seperti yang dialami Budi Gunawan,

Budi Bolak-balik Urus Suket, Tak Kunjung Keluar
TRIBUN JAMBI/HENDRI DEDE PUTRA

TRIBUNJAMBI.COM, KERINCI - Lambannya pelayanan publik di Kabupaten Kerinci masih menjadi keluhan sejumlah warga. Seperti yang dialami Budi Gunawan, warga Kayu Aro saat mengurus Surat Keterangan (Surket) sebagai pengganti E-KTP di Dinas Pendudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Kerinci.

Kendati baru dua hari lalu mendapat penghargaan zona hijau tentang Pelayanan publik dari Ombusman Provinsi Jambi, namun pelayanan di instansi ini mendapat kekecewaan warga. Kepada Tribun saat di Dinas Dukcapil, Budi mengatakan mengaku telah melakukan perekaman E- KTP di kantor camat sepekan lalu, namun karena blanko E-KTP belum ada, petugas membuat Suket terlebih dulu. "Katanya Ektp dakdo, jadi untuk pembuatan BPJS anak harus buat surat keterangan," ujarnya.

Akan tetapi, jelas dia, sejak pekan lalu hingga Jumat (10/3) Suket sementara penggati E-KTP belum juga keluar di Dukcapil. Bahkan terangnya, sambutan dari beberapa orang petugas pelayanan mengatakan belum keluar dan disuruh datang kembali.

"Saya merasa kecewa dengan sikap petugas pelayanan di kantor Dukcapil Kerinci. Masa iya lebih dari satu minggu berurusan Suket yang sangat kami butukan tersebut juga belum selesai," katanya

Ia menuturkan sudah berulang kali dijanjikan petugas pelayanan untuk pengambilan Surket tersebut. Ia berharap kepengurusan Surat keterangan(Surket) E-KTP didinas Dukcapil Kerinci cepat dikeluarkan. "Kita sudah bolak- balik dari kayu Aro ke Kantor Dukcapil beberapa hari, nyatanya masih dijanjikan lagi oleh petugas pelayanan untuk mengambil besok lagi," ujarnya

Terpisah Sekretaris Dukcapil Kerinci, Nafritman dikonfirmasi terkait keluhan masyarakat tetang pelayanan membantah kalau pihaknya dinilai mengabaikan pelayanan untuk pembuatan Surket E-KTP. Menurutnya, jika masyarakat telah melakukan perekaman dan telah dilaporkan ke Dukcapil, dirinya menjamin secepatnya Surket yang dibutuhkan masyarakat bisa selesai. "Kalau data hasil perekamannya sudah lengkap, kita jamin satu hari bisa siap," katanya.

Sementara itu, Kadis Dukcapil Kerinci, Hakiman menyebutkan terkait lambannya percetakan Suket E-KTP dikarenakan saat ini setiap harinya lebih kurang 50 Suket yang dibuat. Akan tetapi pihaknya tetap berusaha mempercepat proset pengeluaran suket.

"Sebenarnya pembuatan suket bisa selesai secepatnya jika data hasil perekaman masyakat ada. Namun terkadang ada masalah dari hasil perekaman dan saat ini petugas juga banyak menerima permintaan masyarakat untuk pembuatan Suket tersebut, makanya tidak bisa cepat," jelasnya.

Terkait keluhan masyarakat akan adanya petugas yang dinilai kurang etis melakukan pelayanan, dirinya mengaku akan segera memanggil para petugas yang bersangkutan. "Terkadang, karena melayani masyarakat dari pagi hingga sore, petugas sedikit panik. kita dapat memaklumi itu. Namun jika petugas kita yang tidak sopan melayani masyarakat kita akan panggil. Jika terbukti kita akan berikan sanksi," tandasnya.

Tags
surat
Penulis: hendri dede
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved