Dapat Kucuran Dana Rp 7 Miliar, Dinas Ketahanan Pangan Jambi Berencana Bangun Labor Uji Mutu Pangan

Dapat kurusan dana Rp 6-7 miliar, Dinas Ketahanan Pangan Jambi berencana bangun UPTD dan laboratorium uji mutu pangan.

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Dinas Ketahanan Pangan akan membangun UPTD dan laboratorium uji mutu pangan. Selama ini Jambi masih bergantung pada provinsi tetangga untuk uji pangan segar.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Jambi Amir Hasbi mengatakan untuk menguji mutu pangan segarnya, selama ini masih mengirimkan sampel ke Provinsi Sumatera Barat, dan harus mengeluarkan dana karena sifatnya swasta berbayar.

"Karena selama ini kita uji mutu beras, sayuran, buah-buahan ke sana. Contohnya seperti isu buah anggur formalin yang sempat booming beberapa waktu lalu, kita kirimkan sampelnya ke Padang," ujarnya kepada Tribunjambi com belum lama ini.

Amir menyebut, nantinya UPTD dan labolatorium uji mutu pangan tersebut akan dibangun pada tahun depan melalui dana DAK APBN 2020. Namun untuk bulannya ia belum bisa memastikan.

Baca: Sabut Ramadan, Matahari Lippo Plaza Jambi Beri Banyak Diskon Brand Ternama, Ini Daftar Harganya

Baca: Diduga Kelelahan Jaga TPS, PAM TPS di Muarojambi Meninggal, KPU Usulkan Gelar Pahlawan Demokrasi 

Baca: Nelayan Lokal Ngeluh Marak Penggunaan Pukat Harimau, Begini Tanggapan DPK Tanjab Timur

Baca: Hutan Habis Buruan Langka, SAD di Jambi Nyoblos Berharap Hidupnya Bisa Berubah

Baca: Gabungan Seni Beladiri Gerakan dalam Bodycombat Lebih Menyenangkan untuk Bakar Kalori

"Kita dapat kucuran dana dari Badan Ketahanan Pangan (BKP) Pusat sebesar Rp 6-7 miliar, untuk pembangunan laboratorium uji mutu pangan, dan tahun depan direalisasikan. Jadi tenaga SDM-nya kita yang anggarkan," sampainya.

Ditambahkannya, pembangunan gedung yang dimaksud, nantinya sebagai laboratorium yang melayani pemeriksaan standar sekaligus akan dimaksimalkan untuk memberikan keamanan pangan kepada masyarakat.

"Nanti jika sudah terealisasi maka semua pangan segar yang beredar di pasaran bisa diuji di Jambi. Terkait uji pestisida, cemaran, kimia, mutu beras premium dan medium, agar lebih menjamin pangan yang dikonsumsi masyarakat," pungkasnya. 

Penulis: Zulkifli
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved