170 SMK di Provinsi Jambi Laksanakan UNBK, Disdik Targetkan Kelulusan 100 Persen

Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMK mulai digelar hari ini, Senin (25/3).

170 SMK di Provinsi Jambi Laksanakan UNBK, Disdik Targetkan Kelulusan 100 Persen
Tribun Timur
Ilustrasi UNBK 2019 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI – Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMK mulai digelar hari ini, Senin (25/3). Hari pertama pertam UNBK terlaksana tanpa kendala.

Sebanyak 170 SMK se Provinsi Jambi meyelesaikan UNBK mata pelajaran Bahasa Indonesia dalam tiga sesi. Mulai pada pukul 07.30 WIB hingga berakhir pada pukul 16.00 WIB.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi Agus Herianto melalui Kabid Pembinaan SMK Bukri saat ditemui Tribunjambi.com, menyampaikan pada hari pertama UMBK berjalan lancar dan tertib.

“Yang kemarin kita ragukan masalah listrik Alhamdulillah hari ini lancar perjalanan UNBK, belum ada laporan kendala di seluruh kabupaten kota baik jaringan ataupun listrik,” sampainya (25/3) di kantornya.

Baca: Tabligh Akbar di Masjid Jami Al Hikmah Kota Jambi, Ustaz Abdul Somad Disambut Gemuruh Suara Selawat

Baca: Ribuan Jamaah Padati Lokasi Tabligh Akbar Bersama Ustad Abdul Shomad di Kota Jambi

Baca: Gugatan Cik Marleni dan Aang Purnama Ditolak Bawaslu Sarolangun, Erick Akan Koreksi ke Bawaslu RI

Baca: Banyak Anggota BPD Perempuan, Berharap Pelayanan di Kecamatan Bathin XXIV Bisa Lebih Halus

Baca: VIDEO: Tangis Keluarga Pecah saat Korban Kecelakaan Maut di Merangin Dipulangkan ke Rumah Duka

Untuk sarana UNBK di Provinsi Jambi sendiri dia menyebutkan tidak ada masalah juga dengan ketersediaan komputer. Terlebih banyak juga cara Disdik dan satuan pendidikan untuk memenuhi fasilitas pokok saat UNBK ini.

“Untuk jumlah unit saya belum rincikan , tapi sekolah itu punya inisiatif, selain milik sekolah ada minjam dan sewa tergantung sekolah , yang jelas wajibkan UNBK seluruhnya,” ujarnya.

Sementara nantinya terkait jika ada siswa yang sakit dan hal lain yang tidak memungkinkan untuk ikut UNBK dia menyebut telah disediakan hari ujian susulan oleh pusat.

“Kalau tidak bisa ikut karena sakit atau hal lain yang tidak memungkinkan maka aka nada ujian susulan, hingga kini belum ada informasi ujian susulan karena itu kebijkan pusat,” sampainya.

Ini juga terlihat dari situs resmi UNBK Kemenikbud yang menyatakan bahwa ujian susulan untuk UNBK SMK sendiri akan dilangsungkan pada 15 April hingga 16 April mendatang. Yakni untuk Bahasa Indonesia dan Matematika dihari pertama dengan jam berbeda. Kemudian hari selanjutnya ada Bahasa Inggris dan ujian kejuruan.

Untuk ujian kejuruan sendiri Bukri menyebut memang diperuntukkan bagi masing-masing jurusan yang ada di sekolah.

“Cuma materinya beda, yang sekarang mapel umum seperti Bhasa Indonesia, Matematika dan Bahasa Inggris namun besok saat ujian kejuruan, hari itu mapel kejuruan (Tergantung prodi sekolah) yang diujikan ,” sampainya.

Baca: VIDEO: Haris Buka Kantong Jenazah Korban Kecelakaan Maut di Merangin, Keluarga Menangis Tak Sanggup

Baca: Swiss-Belhotel Jambi Akan Adakan Earth Hour 2019, Ada Promo Spesial Makan Sepuasnya

Baca: Dianggap Bukan Komoditi Unggulan, 17 Ribu Hektare Kebun Pinang di Tanjab Timur Kurang Perhatian

Baca: Pemprov Jambi Berikan Rp 22,7 Miliar dari Pajak Rokok untuk BPJS Kesehatan

Selebihnya pria yang sebelumnya bertugas di Muarajambi ini menyebutkan memang UNBK ini tak menentukan kelulusan lagi.

“UNBK tidak menentukan kelulusan kalau porsinya itu masih 60 USBN (Ujian Sekolah Berbasis Komputer) , yang 30 UN tapi tidak tentukan kelulusan anak, yang tentukan kelulusan sekolah sendiri ,” sampainya. Nantinya kata dia pihaknya juga menertapkan target 100 persen lulus untuk SMK se-Provinsi Jambi ini.

Untuk pemantauan sendiri Kabid SMK menyebut hari ini pihaknya sudah memantau di beberapa SMK di Kota Jambi. Selanjutnya mereka bahkan juga akan mengagendakan pemantauan di kabupaten lainnnya.

“Tadi ke SMK 4 Kota Jambi lalu siangnya ini ke SMK 4 Batanghari, ada juga jadwal selanjutnya di Kabupaten Kerinci. Selain itu juga tim pengawas kita sidak ke kabupaten juga,” sampainya.

Penulis: Zulkifli
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved