KPU Tanjung Jabung Timur Pastikan Tidak Ada WNA Masuk DPT

Komisi Pemilihan Umum KPU Tanjab Timur, memastikan bahwa tidak ada warga negara asing (WNA) masuk Daftar Pemilih Tetap (DPT).

KPU Tanjung Jabung Timur Pastikan Tidak Ada WNA Masuk DPT
TRIBUN JAMBI/ZULKIFLI
Ketua KPU Tanjung Jabung Timur, Nurcholis 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Abdullah Usman

TRIBUNJAMBI.COM, MUARA SABAK - Terakhir ramai berita soal Warga Negara Asing (WNA) yang masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT), Komisi Pemilihan Umum KPU Tanjab Timur, memastikan bahwa tidak ada warga negara asing (WNA) masuk Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Ketua KPU Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Nurkholis saat dikonfirmasi Tribunjambi.com Senin (11/3/2019) mengatakan, perlu ditegaskan bahwa WNA meski telah memiliki e-KTP (karena memenuhi syarat-syarat tertentu) namun mereka tidak punya hak pilih dalam Pemilu, karena hak pilih hanya melekat bagi WNI sesuai (Undang-undang nomor 7 tahun 2017 Pasal 198-199).

Baca: Kasus 7 Caleg yang Dicoret KPU Sarolangun, Berlanjut di Persidangan

Baca: TRIBUNWIKI - Silver Arwana Ikan Langka dari Jambi, Punya Pesona Mengkilat Perak Kehijauan

Baca: Demi Kelancaran UNBK, Pemkab Tanjab Timur Surati PLN dan Telkom

Dikatakannya pula,untuk memastikan data WNA yg masuk dalam DPT, KPU RI telah berkoordinasi dg Kemendagri dan Bawaslu dengan melakukan pendataan kependudukan bersama Dukcapil.

Selain itu KPU RI telah menginstruksikan KPU Kabupaten dan Kota (melalui KPU Provinsi) untuk melakukan verifikasi lapangan. Hasil verifikasi akan dikoordinasikan dengan Disdukcapil dan Bawaslu setempat untuk dilakukan pencoretan dari DPT.

Baca: Dirjen Dukcapil Pastikan Tak Ada Warga Negara Asing (WNA) yang Masuk Daftar Pemilih Tetap (DPT)

Baca: LIVE Indosiar, Mitra Kukar Vs Bhayangkara FC di Link Streaming Piala Presiden 2019 Mulai 15.00 WIB

"Dari hasil verifikasi lapangan yang kita lakukan beberapa waktu lalu, ditanjab timur clear dari DPT WNA asing," ujarnya.

Menanggapi isu WNA yg masuk dlm DPT, KPU Kabupaten Tanjabtim berkomitmen utk bekerja secara profesional dlm menegakkan (UU no 7 tahun 2017) dan terus memantapkan persiapan dengan selalu meningkatkan komunikasi, koordinasi dan konsolidasi dg seluruh stakeholder.

Baca: VIDEO: Viral Baliho Berisi Foto Wanita dan Ajakan Putus dari sang Pacar

Baca: FAKTANYA 4 Pasukan Khusus Ini Paling Mengerikan di Dunia, Kopaska di Antaranya: Ini Profil Mereka

Ditambah dari haasil koordinasi KPU Kabupaten Tanjabtim dengan Dinas Dukcapil, Rabu, (6/3), dapat dipastikan bahwa hasil verifikasi DPT Pemilu 2019 Kab. Tanjabtim tidak terdapat (bersih dari) WNA. (*)

Penulis: Abdullah Usman
Editor: budi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved