KPU Kabupaten di Jambi Keluhkan Biaya Sortir dan Lipat Surat Suara Minim

Seluruh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten/Kota sama-sama mengeluhkan minimnya biaya sortir dan lipat surat suara.

KPU Kabupaten di Jambi Keluhkan Biaya Sortir dan Lipat Surat Suara Minim
tribun jambi
Petugas dari KPUD Kabupaten Bungo sedang menyortir surat suara, Senin (4/3/2019. 

Laporan wartawan Tribun Jambi, Hendri Dunan Naris

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI – Seluruh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten/Kota sama-sama mengeluhkan minimnya biaya sortir dan lipat surat suara. Geografis juga masih menjadi kendala di beberapa KPU Kabupaten.

Beberapa waktu, KPU Provinsi Jambi melakukan rapat koordinasi dengan seluruh KPU Kabupaten Kota di Provinsi Jambi. Dimana, seluruh ketua KPU se Kabupaten Kota menyampaikan apa yang menjadi kendala di masing-masing daerah terkait tahapan yang sudah mereka lakukan. Demikian juga dengan penanganan logistik berupa kotak dan surat suara.

Seperti M Fakhri, Ketua KPU Sarolangun dalam pertemuan itu menyampaikan bahwa di daerah mereka ada empat kecamatan yang sulit untuk dilalui. Selain itu, mereka juga mengaku masih kekurangan logistik pemilu.

“Seperti KPU Sarolangun, di daerah tersebut secara geografis ada empat Kecamatan yang medannya sangat sulit untuk ditempuh saat pendistibusian nanti,” ungkap M Subhan, Ketua KPU Provinsi Jambi (8/3).

Baca: Bupati Bungo Lantik Pejabat Eselon III dan IV di Pemkab Bungo, Berikut Nama-namanya

Baca: Seminggu, Tim Gabungan Telusuri Empat Hutan untuk Cari Penggembala Sapi yang Hilang di Hutan Kerinci

Baca: Bawaslu Tanjab Barat Hentikan Kasus Dugaan Politik Uang Politisi PKB, Ini Alasannya

Baca: Dicoret KPU dari DCT, Syaihu Cs Ajukan Gugatan ke Bawaslu Sarolangun

Lalu, Ketua KPU Provinsi Jambi juga mengungkapkan bahwa daerah lain yang memiliki daerah sulit secara geografis seperti Kerinci, Merangin, Muarojambi, Tanjab Timur.

Sementara itu, kendala yang dilaporkan oleh Ketua KPU Sungai Penuh yakni factor cuaca. Sebab, tingginya kelembapan di Kabupaten Kerinci sangat berpengaruh terhadap kotak suara.

“Untuk pendistribusian logistik di Kabupaten Merangin membutuhkan kendaraan double kabin,” ungkap Subhan.

Tantangan terberat lain juga disampaikan oleh Ketua KPU Kerinci, Kumaini. Bahwa ada beberapa desa yang lokasinya cukup jauh dari kecamatan dan Kota Kabupaten. Sehingga saat pendistibusian nanti logistic tersebut harus diinapkan terlebih dulu semalam. Selain itu, letak geografisnya juga sulit untuk dijangkau.

“Geografis di Daerah Ranah Pemetik sangat berat. Jarak desa ke kecamatan sangat jauh. Hingga harus bermalam. Di Muaro Jambi ada Desa Manis Mato dan Londrang yang sulit dijangkau,” kata Subhan.

Selain kendala geografis tersebut, KPU kabupaten Kota mengeluhkan juga minimnya biaya untuk sortir dan lipat surat suara. Sehingga mereka meminta agar KPU Provinsi memperjuangkan penambahan anggaran ke KPU RI.

Tidak itu saja, di beberapa Kabupaten juga dilakukan penambahan TPS. Sehingga mereka juga mengalami kekurangan perlengkapan TPS serta logistic pemilu lainnya. Termasuk biaya untuk pendirian TPS itu sendiri. Sedangkan di Kabupaten Batangahari sendiri mengeluhkan bila mereka pada bulan Maret ini tidak lagi menganggarkan biaya pengamanan logistic pemilu.

“Terkait keluhan biaya serta kekurangan logistic pemilu ini secepatnya akan kita sampaikan ke KPU RI. Bila tidak, nanti bisa mengganggu kesiapan pelaksanaan pemilu,”terang M Subhan.

Baca: REVIEW GADGET - Spesifikasi Xiaomi Redmi 7 Bocor ke Publik! Bakal Hadir di Indonesia, Ini Harganya

Baca: Begini Modus dan Cara Kerja Komplotan Pembobol Rumah Saat Beraksi di Kota Jambi

Baca: Anggota Satgas TMMD ke 104 Kodim 0417/Kerinci Membersikan Kandang Sapi Warga

Baca: Sampah Dibuang di Tepi Danau, Wabup Bungo Minta Camat dan Kades Awasi

Sementara itu, logistic surat, dan kotak suara masih banyak mengalami kekurangan. Bahkan, di KPU Muaro Jambi, Tanjab Barat baru pada bulan maret ini mendapatkan distribusi logistic. Hal ini menjadi keluhan mereka, karena geografis mereka juga sulit untuk dilalui. Seperti di Kabupaten Tanjab Timur yang harus mendistribusikan logistic pemilu H-8 di daerah Sadu dan Berbak. Sebab, dua daerah tersebut harus melalui jalur perairan. 

Penulis: dunan
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved