Raih Status Pos Kamling Terbaik, Begini Cara Warga RT 55 Kelurahan Eka Jaya, Aktivkan Pos Kamling

Uang canting yang dimaksud adalah uang senilai Rp 500 rupiah yang diletakkan di dalam tempat khusus yang ada didepan rumah masih-masing warga.

Raih Status Pos Kamling Terbaik, Begini Cara Warga RT 55 Kelurahan Eka Jaya, Aktivkan Pos Kamling
tribunjambi/zulkifli
Warga di RT 55 Kelurahan Eka Jaya gotong royong di pos kamling yang mendapatkan predikat pos kamling terbaik dari kepolisian 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Zulkifli

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Pernah mendapat penghargaan sebagai Pos Kamling Terbaik oleh Kepolisian Daerah Jambi maupun Polresta Jambi, warga RT 55, Perum Villa Sentosa Indah, Kelurahan Eka Jaya, Kecamatan Jambi Selatan, Kota Jambi, terus berinovasi untuk menciptakan keamanan dan ketertiban di lingkungan mereka.

Ketua RT 55 M Irwan mengatakan, sebagai Pos Kamling terbaik memang pantas diberikan kepada warga RT 55, Kelurahan Eka Jaya ini.

Salah satu Rt peraih juara Kampung Bantar kategori besar tahun 2018 ini memanfaatkan tanah seluas 10 meter persegi yang ada di depan pintu masuk komplek perumahan.

Baca: Jenderal Penyuka Tempoyak Ini Bakal Aktifkan Pos Kamling untuk Amankan Pilkada

Baca: Cabai Tak Ada Harganya, Petani Kulonprogo Buang, Bongkar dan Hancurkan Ladangnya

Baca: Kalah di Octagon One Pride MMA, Alwin Kincai Tetap jadi Kebanggaan Masyarakat Kerinci

Warga RT 55 membangun pos Kamling yang disekelilingnya di tanami dengan Tanaman Obat keluarga (toga), bunga, tanaman buah, serta tanaman hias yang sedap dilihat.

Bukan itu saja, bangun Pos Kamling di design secantik dan senyaman mungkin bagi mereka yang bertugas menjaga keamanan lingkungan RT pada malam hari yang dilengkapi dengan televisi.

"Karena begini, kalau dulukan pos ronda orang datang berjaga kalau pulang masuk angin. Jadi, kita pikir bagaimana caranya pos ronda bisa bertahan. Makanya kita buat nyaman, nyaman untuk bertahan bukan nyaman untuk tidur. Biar tidak masuk angin bapak-bapaknya yang ronda. Kalau ada kegiatan RT pun kita pusatkan di sini," ujar M Irwan, Ketua RT 55 saat dibincangi Tribunjambi.com, Minggu (10/2/2019).

Pos Kamling di RT 55 Kelurahan Eka Jaya, Kota Jambi ini meraih pos kamling terbaik
Pos Kamling di RT 55 Kelurahan Eka Jaya, Kota Jambi ini meraih pos kamling terbaik (tribunjambi/zulkifli)

Selain itu, untuk mengoptimalkan penjagaan para petugas ronda setiap malam, Di Pos Kamling Rt 55 ini dilengkapi alat telekomunikasi berupa radio HT.

Radio Ht ini dimanfaatkan para petugas ronda malam yang bekeliling komplek untuk melaporkan situasi keamana kepada petugas yang standbay di Pos Kamling.

"Alat kita itu ada dua, satu dibawa sama yang keliling, dan satu standby di pos ini, jadi mudah komunikansinya untuk melaporkan situasi keamanan sekitar," ungkap M Irwan.

Baca: Muncul Parody Unboxing Motor NMAX ala Adi Saputra, Kocak. Motornya Bukan Scoopy

Baca: Baju-baju Kesayangan Nissa Sabyan Laku Puluhan Juta Rupiah, PM Pakistan Ternyata Gandrung Suaranya

Baca: Pertamina Turunkan Harga BBM Terhitung Mulai Hari Ini, Berikut Rincian Harganya

Halaman
12
Penulis: Zulkifli
Editor: budi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved