Julia Chandra, Muslimah yang Menikmati Harmoni Ditengah Perbedaan, Ingin Orangtua Dapat Hidayah

Ia menjadi satu-satunya orang yang beragama islam sedang kedua orangtuanya dan adiknya beragama kristen.

Julia Chandra, Muslimah yang Menikmati Harmoni Ditengah Perbedaan, Ingin Orangtua Dapat Hidayah
tribunjambi/nurlailis
Julia Chandra 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Nurlailis

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Setiap dari kita diciptakan dengan perbedaan. Perbedaan justru menjadi harmoni dalam kehidupan sehari-hari. Ada banyak suku, agama, ras, dan golongan di dunia ini. Ada yang hidup secara berdampingan namun tidak bisa dipungkiri ada juga yang masih belum bisa menerima perbedaan.

Jika biasanya dalam satu keluarga memiliki agama yang sama, hal ini tidak terjadi pada Julia Chandra. Wanita berusia 22 tahun ini hidup ditengah-tengah perbedaan agama dan ras dalam keluarganya.

Ia menjadi satu-satunya orang yang beragama islam sedang kedua orangtuanya dan adiknya beragama kristen.

Baca: Empat Menu Spesial di Bulan Februari, Tersedia di Ricks Kitchen, Ini Menu-menunya

Baca: Istri Meninggal, Ustad Maulana Masih Sulit Jelaskan ke Anak

Baca: Jantung Wanita Ini Setop Berdetak 3 Hari: Lora Ceritakan Seperti Apa rasanya Meninggal

Ia menceritakan sejak lahirpun sebenarnya sudah islam. Namun ada suatu kejadian yang membuat keluarganya memutuskan untuk pindah agama.

“Dulu waktu orang tua menikah memang berbeda agama. Saat menikah papa masuk Islam dan memiliki tiga anak yang beragama Islam. Namun ada satu kejadian yang membuat keluarga memutuskan untuk pindah ke kristen. Aku tidak mau karena terbiasa mengucap astaghfirullah, ya allah, dan lainnya. Meski sejak kecil tidak dididik bagaimana menjadi seorang muslim. Aku tidak mau pindah keyakinan,” ceritanya.

Iapun sempat kabur dari rumah karena tidak mau pindah agama. Namun kedua orangtuanya melunak, dan membiarkannya memilih jalan hidupnya sendiri.

Baca: VIDEO: Finalis Duta Muslimah Jambi Kunjungi Tribun Jambi

Baca: Beda Adi Saputra Setelah Ditahan, Kemarin Mengamuk Merusak Motor, Kini Menangis Cium Tangan Polisi

Baca: Selebgram Reva Alexa Terbukti Sebagai Seorang Transgender, Ini Nama Asli Teman Lucinta Luna Itu

Saat masa SMA dulu ia belum mengenakan jilbab. Bahkan semasa sekolah ia belajar ibadah karena untuk pelajaran praktek agama. Masa kecilnya pun tidak mudah karena ia kerap mengalami bullying karena tidak bisa mengaji, salat dan puasa selayaknya seorang muslim. Itulah yang membuatnya trauma bersekolah di negeri.

Hal yang membuatnya berhijrah adalah karena tidak jadi menikah di 2017. permasalahan itu membuatnya ingin lebih dekat dengan tuhan dengan belajar menjalankan kehidupan selayaknya seorang muslim.

“Saat lulus SMA itu kuliah sambil kerja di Pekanbaru pada 2015. Keluarga di Pekanbaru dari pihak mama mayoritas muslim semua. Sehingga di sana lebih bisa mendalami agama Islam. Sejak itu aku belajar mengaji, salat, puasa dan kewajiban seorang muslim lainnya,” ungkap alumni SMK Unggul Sakti Jambi ini.

Baca: HIJUP Perkuat Industri Fashion Muslim di Provinsi Jambi

Baca: Kucing Jantan Belang Tiga Selalu Dimakan Induknya, Mitoskah? Ini Ahlinya yang Menjawab

Baca: Atta Halilintar Memulai Perjalanan dari Berjualan di Pasar Hingga Jadi Miliader

Untuk pakai jilbab juga butuh perjuangan karena ada keluarga yang tidak setuju ia pakai jilbab yang panjang. Sejauh ini tantangannya ditengah perbedaan tetap tinggal serumah harus saling menghargai, menghormati. Tempat makan di rumahpun dipisah. Orang tuanya sendiri mendukung dan tidak mempermasalahkan.

“Niatan saya balik ke Jambi supaya lebih dekat dengan orangtua. Dan, berharap melalui saya, allah memberikan hidayah kepada orangtua,” ucapnya.

Baca: Suami Istri Kanibal Ini Sudah Makan 30 Manusia: Mengerikan Ini Isi Kulkasnya

Baca: Sebelum Bunuh Diri, Wanita Ini Tulis Surat Menyentuh Untuk Ibunya, Begini Kisahnya

Saat imlek seperti sekarang ia ikut membantu mempersiapkan keperluan di rumah, ikut makan bersama di malam imlek. Kalau idul fitri atau idul adha dulu ia merayakan di Pekanbaru.

“Temen-temen saya juga mendukung aja tidak masalah dan menghargai pilihan saya,” ungkapnya. (*)

Penulis: Nurlailis
Editor: budi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved