Tak Hanya Milih Presiden dan Dewan, April 83 Desa di Batanghari Gelar Pemilihan BPD

Sebanyak 83 Desa di Batanghari akan menggelar pemilihan Badan Pemusyawaratan Daerah. 19 desa diantaranya akan menggunakan sistem e-Votting.

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Rian Aidilfi Afriandi.

TRIBUNJAMBI.COM, MUARA BULIAN - Tak lama lagi pemilihan Badan Pemusyawaratan Daerah (BPD) di Kabupaten Batanghari akan segera dilaksanakan. Terhitung, ada 83 desa yang ikut dalam pemilihan tersebut.

Dari 83 desa yang ikut pemilihan BPD, 19 desa diantaranya sudah memutuskan melalui permusyawaratan desa akan melakukan pemilihan secara langsung dengan e-Votting. Selebihnya melalui permusyawaratan perwakilan.

Hal ini disampaikan oleh Pelaksana tugas Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Batanghari, Takdirman.

"Pelaksanaan pemilihan tersebut akan berlangsung pada April 2019 mendatang," ujarnya saat dikonfirmasi, Selasa (5/2).

Ia mengatakan, saat ini, masih ada dua kecamatan yang belum menentukan pemilihan secara langsung atau e-Votting, yaitu Kecamatan Muara Bulian dan Muara tembesi.

"Masih dalam pembahasan. Karena mengingat waktu habis masa jabatan BPD-nya rentang bulan Agustus atau September," katanya.

Saat ini, pihaknya tengah melakukan persiapan untuk pelaksaan tersebut. Pasalnya, ada beberapa kecamatan yang sudah memulai proses penjaringan calon anggota BPD.

"Ini kami sikapi dengan memantau panitia pelaksana di desa yang sudah memulai. Apakah proses penjaringan tersebut sesuai regulasi atau tidak," ucapnya.

Baca: 10 Film Action Tentang Pasukan Khusus Paling Seru, Kisah Misi Mustahil Kopassus TNI, Navy Seal, SAS

Baca: Olimpiade Bahasa Jerman 2019, Siswa SMAN 1 Raih Peringkat 7 Nasional

Baca: Cetak Plat Kendaraan Bermotor di UPTD Samsat Batanghari, Belum Bisa Terealisasi, Ini Kendalanya

Baca: Wartawati Tribun Jabar Daianiaya saat Akan Meliput, Pelaku Diduga Seorang Wanita

Baca: Jembatan Gentala Arasy, Ikon Kota Jambi yang Kini Butuh Perhatian

Dalam pelaksanaan nanti, tak semua desa bisa langsung melakukan pemilihan serentak. Dalam sehari, hanya 5 desa yang bisa melakukan pemilihan secara e-Votting.

Takdirman menyebutkan, saat ini pihaknya memiliki 22 unit perangkat. Dimana, 22 unit perangkat itu hanya bisa digunakan di 5 desa saja dalam satu hari.

"Karena setiap desa ada 4 wilayah pemilihan. Artinya harus memiliki 4 unit alat pemilih. Jika lebih dari 5 desa, maka dua hari berikutnya baru akan kita adakan pemilihan lagi di desa lainnya," jelasnya.

Ia berharap, dalam pelaksanaan pemilihan BPD pada April mendatang akan berjalan lancar.

Penulis: Rian Aidilfi Afriandi
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved