3 Orang Meninggal, 302 Kasus DBD di Provinsi Jambi Tahun Ini, Kota Jambi Tertinggi

Sementara itu, tiga kasus DBD yang korbannya meninggal dunia terjadi di Kota Jambi dua orang dan di Kabupaten Bungo satu orang.

3 Orang Meninggal, 302 Kasus DBD di Provinsi Jambi Tahun Ini, Kota Jambi Tertinggi
net
Ilustrasi. Penderita DBD

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Zulkifli

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Hingga awal Februari 2019 ini, Dinas Kesahatan Provinsi Jambi mencatat, sebanyak 302 Kasus Deman Berdarah Dengue (DBD) terjadi di Provinsi Jambi. Dari 302 kasus itu, tiga diantaranya meninggal dunia.

Angka kasus DBD tersebut terbanyak terjadi di Kota Jambi, sebanyak 118 orang. Kemudian di Kabuaten Tanjung Jabung Barat 44 orang, Kabupaten Bungo 36 orang, Kabupaten Muarojambi 26 orang, Kabupaten Batanghari 22 orang, Kabupaten Tanjung Jabung Timur 22 orang, Kabupaten Tebo 22 orang, Kabupaten Sarolangun 6 orang, Kabupaten Merangin 1 orang, Kabupaten Kerinci 3 orang, serta 2 orang di Sungai Penuh.

Sementara itu, tiga kasus DBD yang korbannya meninggal dunia terjadi di Kota Jambi dua orang dan di Kabupaten Bungo satu orang.

Baca: Kasus DBD di Kota Jambi Meningkat, 1 Orang Meninggal, Ini Penyebabnya

Baca: Wilayah Endemik DBD Meluas, Dinkes Tanjab Barat Enggan Komentar

Baca: Raja Copet Jakarta Punya Jimat di Kelamin, Setelah Beraksi 25 Tahun Tertangkap karena Hal Sepele

Kepala Bidang Bina Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Dinas Kesehatan Provinsi Jambi Dr Eva Susanti, Sk M.kes
Kepala Bidang Bina Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Dinas Kesehatan Provinsi Jambi Dr Eva Susanti, Sk M.kes (tribunjambi/zulkifli)

Kepala Bidang Bina Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Dinas Kesehatan Provinsi Jambi Dr Eva Susanti, Sk M.kes, saat dikonfirmasi Tribunjambi.com, Senin (4/2/2019) mengakui bahwa angka kasus DBD di Provinsi Jambi diawal tahun ini mengalami peningkatan cukup drasrtis.

Menurut Eva, peningkatan tersebut tidak hanya terjadi di Provinsi Jambi, melainkan disejumlah daerah di Indonesia, bahkan tiga provinsi telah menetapkan status kejadian luar biasa (KLB).

"Secara keseluruhan di Indonesia memang meningkat, bukan hanya di kita saja. Biasanya tidak seperti itu, tahun ini saja seperti ini. Belum tahu apakah disebabkan musim yang menyebabkan penyebaran nyamuk DBD meningkat," sebut Eva.

Baca: VIDEO: Kondisi Terkini Vanessa Angel Pasca Dilarikan ke Rumah Sakit

Baca: Daftar Peringkat 100 Kampus Negeri dan Swasta di Indonesia Versi Kemenristekdikti

Baca: Fadli Zon Minta Bawaslu Periksa 9 Kepala Daerah di Maluku Utara, Bandingkan Dengan Anis Baswedan

Meskipun angka kasus DBD di Provinsi Jambi cukup tinggi, namun saat ini Dinkes Provinsi Jambi belum menetapkan status KLB.

Saat ini, pihak Dinkes telah melakukan berbagai upaya penanganan DBD dengan melibatkan berbagai sektor.

"Kita juga telah menyurati semua Kabupaten Kota untuk melakukan tindakan langkah-langkah waspada DBD. Kemudian Kabupaten kota sudah ada tanggapan dengan memberikan surat edaran ke semua puskesmas terkait hal itu," sebut Eva.

Selain itu, Eva juga menghimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada akan penularan DBD. Diantara upaya yang bisa dilakukan ditingkat rumah tangga adalah, memanfaatkan barang-barang bekas, rajin membersihkan lingkungan rumah, menutup tempat-tempat penampungan air, serta membersihkan genangan-genangan air yang ada.

Baca: Cara Kerja Copet di Negara-negara Luar, Ada yang Pasang Umpan Wanita Cantik, Korban Terbuai

Baca: Siapa Diuntungkan dan Dirugikan di RUU Permusikan? Danilla Riyadi Bikin Petisi #TolakRUUPermusikan

Baca: Soal Tudingan Konsultan Asing, Fadli Zon : Itu Kan Fitnah, Bisa Kita Laporkan Itu

Eva melanjutkan, pihaknya juga mengingatkan kepada masyarakat, jika ada anggota keluarga yang terkena demam tinggi mendadak lebih dari 39 derajat, atau gejala-gejala DBD lainya seperti sakit kepala, nyeri otot dan tulang, ruam kulit, lokopenia, agar segera dibawa ke Piskesmas untuk diberi penanganan DBD.

"Hati-hatilah, jika sekarang terjadi demam tidak turun-turun, hari kedua cepatlah dibawa ke rumah sakit," Imbau Eva.(*)

Penulis: Zulkifli
Editor: budi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved