Buah yang Jarang Dijumpai, Buah Raman, Rasanya Menyerupai Buah Mangga

Buah dengan bentuk bulat dan jika sudah masak berwarna kuning tersebut, memiliki rasa asam manis,hampir sama dengan rasa buah mangga.

Buah yang Jarang Dijumpai, Buah Raman, Rasanya Menyerupai Buah Mangga
tribunjambi/syamsul bahri
Buah Raman 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Samsul Bahri

TRIBUNJAMBI.COM, SENGETI - Buah Anggur Jambi, itulah istilah selentingan dari Buah Raman yang dikenal oleh masyarakat Jambi. Namun, dibeberapa daerah ada yang menyebutnya sebagai buah mangga kecil. Bahkan, ada juga yang baru mengenal buah Raman.

Di masyarakat Kabupaten Muarojambi, banyak mengenal buah tersebut dengan sebutan buah Raman. Ya, saat ini buah Raman mulai bermunculan di beberapa lapak pedagang dadakan di daerah Kecamatan Kumpeh khususnya.

Baca: Ratusan Pohon Duku di Sekernan, Mati Mendadak, Ini yang Dikatakan Pemilik Kebun

Baca: Pria Bule Jauh-jauh Cari Jodoh ke Indonesia, Terungkap karena 10 Alasan Ini

Baca: Sering Langka, PNS di Tanjab Timur Diimbau tak Gunakan Gas 3 Kg

Buah dengan bentuk bulat dan jika sudah masak berwarna kuning tersebut, memiliki rasa asam manis,hampir sama dengan rasa buah mangga. Buah ini banyak di cari oleh penyuka buah Raman. Sebab, buah tersebut sulit untuk didapatkan di pasar-pasar pada umumnya.

Jika pun ada, tentu tidak banyak pedagang yang menjualnya. Terlebih buah Raman hanya berbuah satu kali dalam setahun. Bahkan di lapak dadakan di sepanjang jalan di Kecamatan Kumpeh pun, tidak semuanya menjual buah Raman.

Seperti di ungkapkan Tamara, warga Kota Jambi yang sudah lama tidak pernah memakan buah Raman, bahkan buah tersebut terakhir di jumpainya sejak Ia masih duduk di sekolah dasar dulu.

Pedagang buah Raman
Pedagang buah Raman (tribunjambi/syamsul bahri)

“Iya baru sekarang bisa beli buah raman, sudah 20 tahun dak pernah makan buah ini. Terakhir dulu waktu SD, karna susah juga buat carinya, kalo idak ke daerah kek gini, di Jambi, dak bakal ketemu,” ujarnya.

Jika beruntung, pembeli bisa mendapatkan ukuran buah Raman yang sedikit lebih besar. Untuk rasa manis, biasanya buah dengan kulit yang sudah berwarna orange, sudah di pastikan memiliki rasa yang lebih manis, dari warna yang kuning.

Baca: Sebuah Rumah di Desa Pulau Kayu Aro, Muarojambi Digerbek, Ternyata 4 Orang Pria Sedang Asik Begini

Baca: Demi Tiket Lebih Murah ke Jakarta, Warga Aceh Ramai-ramai Bikin Paspor, Maskapai Indonesia Kecele

Baca: Air Laut Gunung Anak Krakatau Berwarna Orange, Ternyata Penyebabnya Terjadi Hal Ini

“Kalo masak itu sudah kuning, lah masak tu. Cuma kalau yang rasonyo manis nian, kalau lah bentuk kuning orange. Masih lah ado masam, tapi dak banyak, masam manis rasonyo percis kek manggo,” ungkap Badriah, penjual Buah Raman di daerah Kumpeh.

Untuk harga, penjual menjual dengan harga yang bervariasi. Mulai dari Rp10 ribu hingga Rp 15 ribu per kilo gramnya. Anda penyuka buah Raman, patut di buru saat ini di lapak pedagang di Kecamatan Kumpeh.(*)

Penulis: syamsul
Editor: budi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved