VIDEO: Musim Liburan Tiba, Begini Asiknya Wisata Edukatif Membatik Khas Jambi, di Danau Sipin

Di kelompok usaha batik jajaran ini ada dua motif yaitu siluang mudik, buah namnam, selain itu juga lagi dikembangkan motif Bajubang.

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Nurlailis

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Menjelang masa liburan, sudahkah terpikir akan menuju tempat wisata menarik? Di Jambi saat ini memang ada beragam pilihan tempat wisata baik di kota maupun kabupaten.

Jika ingin sesuatu hal yang berbeda, mungkin anda bisa mencoba mengajak anak ke wisata batik Danau Sipin. Selain melihat keindahan Danau Sipin, wisata ini edukatif karena juga memperkenalkan bagaimana proses membatik.

Perjalanan dimulai di kawasan wisata Danau Sipin yang saat ini sedang berlangsung pembangunan track joging. Menuju tempat membatik anda akan menyebrang menaiki perahu.

Baca: VIDEO: Bulog Merangin Nyatakan Aman, Persediaan Mencukupi Hingga Pebruari

Baca: VIDEO: Makin Hangat Menjelang Pemilu, Caleg Mulai Saling Lapor

Baca: Prabowo dan Timses Bertemu SBY, Ini yang Mereka Bicarakan

Meski Jambi memiliki Sungai Batanghari, namun tidak semua masyarakatnya pernah mencoba naik perahu yang dikayuh.

Bedanya menyebrang di Sungai Batanghari menggunakan ketek, perahu yang mesinnya berbunyi. Sedang di Danau Sipin menyebrang dengan perahu yang masih dikayuh dengan tangan. Untuk perahu sekali menyebrang dikenakan biaya Rp 3 ribu.

Setelah sampai anda masih harus berjalan menuju tempat belajar batik yaitu di kelompok usaha batik sipin jajaran yang dikelola oleh Tina. Tepatnya di Jalan Danau Sipin RT 23 Kelurahan Legok Kecamatan Danau Sipin.

Perjalanan akan sangat menyenangkan karena setapak menuju lokasi berada dekat dengan pinggiran danau sipin. Saat musim hujan seperti sekarang air akan naik dan ada beberapa kawasan yang kena banjir. Oleh sebab itu mayoritas rumah disini adalah rumah panggung.

Tempat belajar batik yaitu di kelompok usaha batik sipin jajaran yang dikelola oleh Tina. Tepatnya di Jalan Danau Sipin RT 23 Kelurahan Legok Kecamatan Danau Sipin.
Tempat belajar batik yaitu di kelompok usaha batik sipin jajaran yang dikelola oleh Tina. Tepatnya di Jalan Danau Sipin RT 23 Kelurahan Legok Kecamatan Danau Sipin. (tribunjambi/nurlailis)

Penggagas dari wisata batik ini adalah Masyithah. Ia berfikir untuk membuka wisata batik danau sipin pada 2 Oktober 2018, tepat pada hari batik nasional.

“Saat itu ada orang tua murid yang tertarik untuk mengikuti kegiatan ini. Anak-anak ini tertarik untuk belajar batik dengan praktek langsung. Dari kami menyediakan alat seperti canting, kompor dengan tarif Rp 25 ribu per anak tapi anaknya udah bawa serbet dan pewarna alaminya,” jelasnya.

Halaman
12
Penulis: Nurlailis
Editor: budi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved