Pemerintah Siapkan Rp40 Miliar, 2019 Pembangunan Pelabuhan Ujung Jabung Dilanjutkan

Untuk tahun depan kata Candra, tetap akan dianggarkan senilai Rp40 miliar kembali. "Full APBN kita cuma bantu pembebasan lahan saja," ugkapnya.

Pemerintah Siapkan Rp40 Miliar, 2019 Pembangunan Pelabuhan Ujung Jabung Dilanjutkan
TRIBUNJAMBI/ALDINO
Tiang-tiang pancang di proyek pembangunan Pelabuhan Ujung Jabung di Desa Sungai Itik, Kecamatan Sadu, Tanjung Jabung Timur. Tiang pancang yang telah berdiri ini rencananya untuk pembangunan dermaga khusus CPO 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Fadly

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Pembangunan Ujung Jabung, direncanakan akan kembali dilanjutkan pada 2019 mendatang. Ini setelah pada tahun 2018 tidak terlaksana dan untuk pengerjaan terakhir, baru menyelesaikan pembangunan restel untuk sesi darat dan laut.

Candra Edi, Kepala Seksi Perencanaan dan Pengembangan Jaringan Dinas Perhubungan Provinsi Jambi mengatakan, pengerjaan pada tahun 2018 terkendala karena kurangnya data.

"Sebenarnya ada Rp38 miliar, tapi tidak terlaksana," jelas Candra Edi, Selasa (11/12/2018).

Baca: Download Daftar Peserta SKB CPNS Kemenag 2018 - Bisa di kemenag.go.id, sscn.bkn.go.id atau Disini!

Baca: 4G Plus Indosat Ooredoo, Mudahkan dan Manjakan Pengguna Internet di Jambi

Baca: Di Jambi, Ada 1.562 Wilayah Administrasi Pemerintahan Setingkat Desa

Untuk tahun depan kata Candra, tetap akan dianggarkan senilai Rp40 miliar kembali. "Full APBN kita cuma bantu pembebasan lahan saja," ugkapnya.

Beberapa waktu lalu, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jambi, Varial Adhi Putra mengatakan, untuk dapat beroperasi secara minimal, Pelabuhan Ujung Jabung di provinsi masih membutuhkan anggaran sebesar lebih kurang Rp150 miliar.

"Namun hal itu masih tergantung dari terbangunnya jalan akses menuju pelabuhan yang sampai saat ini belum terhubung," jelasnya.

Perkembangan jalan akses menuju pelabuhan adalah menjadi tanggung jawab Dinas PUPR Provinsi Jambi dan Kementerian PUPR.

"Masih terkendala dengan pembebasan lahan yang belum selesai sepanjang lebih kurang 24 kilometer," jelasnya.

Pelabuhan Ujung Jabung di Desa Sungai Itik, Kecamatan Sadu, Kabupaten Tanjungjabung Timur, merupakan salah satu pelabuhan yang dikembangkan oleh Pemprov Jambi sebagai salah satu solusi pemecahan permasalahan terkait dengan tidak tersedianya outlet dan pusat distribusi di provinsi.

Baca: Menyatukan Jambi dalam Sebungkus Kopi Kerinci dan Pinang Ujung Jabung

Baca: Pelabuhan Ujung Jabung Kembali Dibahas di Pusat, Fachrori: Percepatan Pembangunan Sangat Diperlukan

Baca: Pacari Staf Rutan, Narapidana Narkotika Rutan Cipinang Dibantu Kabur, Ini Kronologinya

Ia mengatakan pembangunan Pelabuhan Laut Ujung Jabung telah dimulai dengan penyusunan dokumen perencanaan berupa FS, Rencana Induk, DED serta dimasukkannya Pelabuhan Ujung Jabung ke dalam Tatatan Kepelabuhanan Nasional dan Rencana Induk Pelabuhan Nasional (Ripnas).

Dinas Perhubungan Provinsi dalam kapasitas pembangunan Pelabuhan Ujung Jabung adalah sebagai fasilitator dan koordinasi sinergitas program antara kepentingan pusat dengan daerah.(*)

Penulis: Muuhammad Ferry Fadly
Editor: budi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved