3 Terdakwa Cukai Minol Divonis Bebas PN Jambi, JPU Kejari Layangkan Memori Kasasi

Jaksa Penuntut Umum Kejaksaan Negeri Jambi akhirnya melayangkan memori kasasi ke Pengadilan Negeri Jambi.

3 Terdakwa Cukai Minol Divonis Bebas PN Jambi, JPU Kejari Layangkan Memori Kasasi
Tribunjambi/Mareza
Pemusnahan ribuan botol minol di Kejari Jambi beberapa waktu lalu 

Laporan Wartawan Tribunjambi.com, Mareza Sutan A J

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Jaksa Penuntut Umum Kejaksaan Negeri (JPU Kejari) Jambi akhirnya melayangkan memori kasasi ke Pengadilan Negeri (PN) Jambi, Kamis (6/12/2018).

Penyampaian memori kasasi tersebut, terkait vonis bebas tiga dari empat terdakwa perkara cukai minuman beralkohol (minol) yang disidang di PN Jambi beberapa waktu lalu. Ketiganya adalah Teguh Riyanto, Dede Irwan Effendi, dan Sulaiman.

Kasi Intel Kejari Jambi, Rais Dani kepada Tribunjambi.com menyampaikan, berkas tersebut telah dilayangkan tim jaksa Kejari Jambi pada Kamis (6/11/2018).

"Sudah kami sampaikan ke Pengadilan Negeri Jambi," singkatnya ketika dijumpai di Kejari Jambi.

Baca: Zumi Zola Divonis 6 Tahun Penjara, Wakil Ketua DPW PSI Doakan Zola Bisa Sabar

Terpisah, informasi itu turut dibenarkan Humas PN Jambi, Makaroda Hafat. Kata dia, memori kasasi itu diterima pada Kamis (6/12/2018) siang, sebagai tindak lanjut dari permohonan kasasi yang diajukan jaksa atas vonis bebas majelis hakim PN Jambi.

"Memori kasasi baru diterima di Kepaniteraan Pidana PN Jambi siang tadi dan besok akan disampaikan oleh jurusita kepada para termohon kasasi (terdakwa yang divonis bebas, red)," terangnya kepada Tribunjambi.com, Kamis (6/12/2018) petang.

Ditambahkannya, memori kasasi itu wajib diajukan dalam tenggat waktu 14 hari oleh setiap pemohon kasasi, setelah mengajukan kasasi. Karena, kata dia, kalau memori kasasi tidak diajukan, meski sudah mengajukan kasasi, maka berkas kasasi tidak akan dikirim ke Mahkamah Agung.

Baca: Ini Jadwal Tes SKB Kota Jambi dan Syarat yang Harus Dibawa saat Tes

Atas hal itu, termohon kasasi pun berhak menyampaikan tanggapan atas kasasi tersebut.

"Itu namanya kontra memori kasasi, sifatnya tidak wajib. Mereka boleh ajukan boleh tidak. Undang-Undang tidak menetapkan tenggat waktu yang strik, yang jika tidak diajukan berakibat hukum. Tapi dalam praktik disamakan, 14 hari setelah mereka terima memori kasasi pemohon dari jurusita," terangnya.

Halaman
12
Penulis: Mareza
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved