Ribuan e-KTP Dibagikan ke Perangkat Desa di Batanghari

"Setiap desa jumlah KTP yang diberikan berbeda, disesuakan dengan jumlah masyarakat yang telah melakukan perekaman," ujarnya, Rabu (5/12/2018).

Ribuan e-KTP Dibagikan ke Perangkat Desa di Batanghari
tribunjambi/abdullah usman
Dukcapil Batanghari menyerahkan ribuan e-KTP yang dibuat beberapa waktu lalu 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Abdullah Usman

TRIBUNJAMBI.COM, MUARA BULIAN – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Batanghari, menyerahkan ribuan Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik kepada perangkat desa.

KTP elektronik yang diserahkan kepada perangkat desa tersebut, merupakan milik masyarakat hasil perekaman yang dilakukan secara jemput bola pada beberapa waktu yang lalu oleh dinas Dukcapil Batanghari.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Batanghari Ade Febriandi mengatakan, sebanyak 1.575 KTP tersebut diserahkan kepada 124 kasi pemerintahan desa dan kelurahan yang tersebar di delapan kecamatan.

Baca: Susun Sistem Zonasi TNBD, Tumenggung Grib, Yang Penting Pemerintah Jangan Usir Kito dari Hutan

"Setiap desa jumlah KTP yang diberikan berbeda, disesuakan dengan jumlah masyarakat yang telah melakukan perekaman," ujarnya, Rabu (5/12/2018).

Dari 300 ribu lebih penduduk dibatanghari, Sampai saat ini sudah 82 persen lebih masyarakat yang telah memiliki KTP elektronik. Ditahun yang akan datang dinas Dukcapil akan kembali melakukan perekaman dan cetak KTP secara jemput bola ke desa-desa.

Baca: Kompak Tak Hadir Sidang, Terungkap Gisella Anastasia Sudah Berulang Kali Minta Cerai Gading Marten

Rekam dan cetak KTP jemput bola ditahun 2019 akan berbeda dengan yang diterapkan ditahun 2018. Pada tahun 2018, petugas melakukan perekaman jemput bola kedesa-desa dan kecamatan, namun tidak dapat melakukan pencetakan di tempat perekaman.

"Nah ditahun 2019 mendatang, perekaman dengan sistim jemput bola tersebut sudah dapat dilakukan cetak KTP dilokasi. Hal tersebut dilakukan untuk mempermudah dan mempercepat pelayanan rekam dan cetak KTP elektronik, terangnya.

Namun sebelumnya, perangkat desa harus mendata masyarakat yang ingin melakukan perekaman. Dan data tersebut harus diserahkan kedinas Dukcapil untuk di verifikasi terlebih dahulu.

Baca: Tribun Great Expo 2018, Tersedia 22 Stan dan Berbagai Produk Handphone dengan Berbagai Promo

Selain itu, pada saat proses perekaman dan pencetakan KTP dilaksanakan, Kepala Desa atau kasi pemerintah desa harus berada tempat. Jika sewaktu-waktu terjadi pemukhtahiran data masyarakat, kepala desa atau kasi pemerintah dapat langsung melakukan pemukhtahiran.

Selain itu, ditahun 2019 mendatang Dinas Dukcapil juga akan melakukan perekaman dan cetak Kartu Identitas Anak (KIA). Anak dari usia satu hari sampai dengan 17 tahun kurang satu hari dapat melakukan perekaman dan cetak KIA denga cara jemlut bola. (*)

Baca: Ketua DPR: Turunkan Pasukan Elite Buru Kelompok Bersenjata di Papua

Baca: Serapan Anggaran di PUPR Sungaipenuh 55,5 Persen, Optimis Capai Target 95 Persen di Akhir Desember

Penulis: Abdullah Usman
Editor: budi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved