Pemkot Sungaipenuh akan Sulap Pasar Beringin jadi Pasar Modern

“Sehingga diperlukan bantuan dari pemerintah pusat. Jika dapat direalisasikan, maka pasar modern akan menjadi ikon Kota Sungai Penuh,” pungkasnya.

Pemkot Sungaipenuh akan Sulap Pasar Beringin jadi Pasar Modern
TRIBUN JAMBI/ROHMAYANA
Tampak kawasan Pasar Beringin yang sudah disulap menjadi kawasan layak anak, yang dindingnya di cat dengan warna warni 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Herupitra

TRIBUNJAMBI.COM, SUNGAIPENUH - Pasar Beringin dan Minum Kawo Square (MKS) di Kota Sungai Penuh, bakal dirombak menjadi pasar modern.

Pemerintah Kota (Pemkot) Sungai Penuh, melalui Bidang Pengelolaan Pasar Dinas Perindustrian dan Perdagangan, telah mengajukan proposal ke pemerintah pusat untuk membantu pendanaan.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Bidang Pengelolaan Pasar Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Sungai Penuh, Dedi Iryanto ditemui Tribunjambi.com, Rabu (5/12/2018).

Baca: Sidak ke Pasar Modern Bungur, Pedagang Menangis Temui Mashuri, Sampaikan Keluhan Ini

Menurutnya, Walikota Sungai Penuh Asafri Jaya Bakri (AJB) sudah menyetujui program bidang pengelolaan pasar untuk merombak pasar beringin dan MKS menjadi pasar modern.

“Kita juga sudah menyiapkan desainnya yang dibuat oleh konsultan,” katanya.

Diungkapkannya, untuk langkah awal pihaknya sudah mengajukan proposal kepada Kementrian Perdagangan dan Kementrian PU untuk pembangunan pasar modern ini.

Baca: Fachrori Minta PT EBN Benahi Fasilitas Angso Duo Baru

Dimana ujarnya, berdasarkan desain pembangunannya pasar beringin nantinya akan dibongkar dan dibangun basement. Di lantai satu akan dibangun lokasi berjualan, di lantai dua akan ada tempat khusus yang menjual kuliner khas kota Sungai Penuh.

“Di lantai tiga jika ada pihak ketiga yang berminat, bisa dibangun hotel,” jelasnya.

Selain itu sebutnya, pasar modern nantinya akan dipasang eskalator. Dan, jika ada pihak ketiga yang membangun hotel di lantai tiga maka akan dilengkapi dengan lift.

Baca: VIDEO: Seorang Anak Tega Bunuh Ibu Kandung Karena Tak Kuat Merawat dan Menanggung Biaya Perawatannya

Dedi Iryanto menambahkan, untuk pembangunan pasar modern tidak cukup mengandalkan anggaran dari APBD murni kota Sungai Penuh saja. Sebab untuk pembangunannya diperkirakan memerlukan biaya lebih dari Rp 100 miliar rupiah.

“Sehingga diperlukan bantuan dari pemerintah pusat. Jika dapat direalisasikan, maka pasar modern akan menjadi ikon Kota Sungai Penuh,” pungkasnya.(*)

Penulis: heru
Editor: budi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved