Kasus IMB Pabrik Sawit, Kalah di PTUN Pemkab Tanjabtim Ajukan Banding

Pemkab Tanjab Timur menyatakan sikap banding dari hasil putusan PTUN, terkait pemberian izin pembangunan pabrik sawit PT MJSL.

Kasus IMB Pabrik Sawit, Kalah di PTUN Pemkab Tanjabtim Ajukan Banding
tribunjambi/zulkifli
Kabag Hukum Setda Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Idris. 

Laporan Wartawan Tribun Jambi Zulkifli

TRIBUNJAMBI.COM, MUARASABAK - Setelah kalah atas putusan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jambi terkait gugatan atas pemberian Izin mendirikan Bangunan (IMB) pabrik sawit PT MJSL, Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur menyatakan sikap banding dari hasil putusan tersebut.

Kabag Hukum Setda Kabupaten Tanjung Jabung Timur Idris, ketika dikonfirmasi Tribunjambi.com, pada Selasa (4/12) membenarkan jika saat ini Pemda Tanjabtim telah mengambil sikap banding.

"Memori banding sudah dipersiapkan hari ini. Pemda sudah menyatakan sikap banding, Besok rabu (5/12) memori banding akan dimasukkan," kata Idris.

Baca: Korupsi Dana Desa, Kesaksian Helmi Ringankan Tuntan pada Kades Aburan

Dikatakannya, Jika dilihat dari gugatannya terkait izin, tentunya Pemda tidak pernah salah dalam mengeluarkan izin. Hal ini dikarenakan apapun yang diajukan oleh orang, lembaga dan istansi lain terkait perizinan, jika telah memenuhi prosedur izin akan tetap dikeluarkan. Terkecuali adanya persoalan kedudukan lokasi tidak jelas atau dalam masalah.

"Nah untuk PT MJSL ini dokumen jual belinya lengkap. Bahkan pihak perizinan juga telah melakukan suvei ke lokasi. Dasar inilah kenapa pemda mengeluarkan IMB," ujarnya.

Baca: 3 Solusi Pemkot Jambi Atasi Banjir di Lapas Klas II.A Jambi

Pendirian PT MJSL ini juga telah melalui prosedur lainnya seperti dalam pendirian PT MJSL diketahui oleh desa, camat, tokoh masyarakat. Wilayah tapal batas pun harus diketahui jika akan ada pengajuan izin pendirian PT MJSL.

"Yang jelas pihak PT MJSL sangat prosedural begitu juga dengan pihak perizinan. Alasanya dalam pendirian di situ ada permintaan dari masyarakat melalui camat. Bahkan seluruh instansi tekait dilibatkan. Jadi tidak salah dan tidak cacat pemda memberikan IMB kepasa PT MJSL," tegasnya.

Baca: Sekolah Terendam Banjir, Siswa SDN 222/IV Kota Jambi Diliburkan

Meskipun demikian tambahnya Pemda dalam hal ini tidak menyalahkan pihak Abun Yani sebagai penggugat. Menurutnya, penggugat juga sama-sama prosedural dalam hal ini.

"Jadi pertimbangan pemda bisa kalah kita tidak tau," jelasnya.

Penulis: Zulkifli
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved