Lembutnya Iga Sapi dalam Semangkuk Soto Tangkar. Disaji Bersama Kuah Kaldu Kental Gurih

Kuah kaldu kental gurih siap disantap bersama nasi putih hangat. Nyam nyam. Rasanya tentu segar menggoda.

Lembutnya Iga Sapi dalam Semangkuk Soto Tangkar. Disaji Bersama Kuah Kaldu Kental Gurih
tribunjambi/aldino
Soto Tangkar

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Nurlailis

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Saat siang menjelang, perut sudah mulai keroncongan, namun anda masih bingung untuk mencoba makanan apa untuk siang hari ini. Ditengah cuaca Jambi yang saat ini lebih sering dilanda mendung, alangkah baiknya anda mencoba makanan yang hangat dan segar.

Anda mungkin bisa mencoba menu soto. Jika menurut anda soto sudah terlalu biasa, cobalah menu 'Soto Tangkar'. Hmm terdengar asing bukan.

Baca: Sejarah Bendera Merah Putih - Dijahit Ibu Fatmawati dari Tenda Warung Soto

Soto tangkar merupakan makanan khas Betawi. Dalam bahasa Betawi, tangkar berarti iga sapi. Bahasa ini digunakan pada masa penjajahan hingga saat sekarang meski tidak banyak diketahui generasi saat ini.

Kuah kaldu kental gurih siap disantap bersama nasi putih hangat. Nyam nyam. Rasanya tentu segar menggoda. Seperti soto kebanyakan selain iga sapi adapula potongan kentang dan wortel yang turut meramaikan semangkuk soto tangkar.

Baca: Menu Baru di Upnomal, Gurih Pedas Indomie Soto Padang With Chilli Beef

Melihat tampilannya saja perut sudah tidak sabar untuk segera diisi. Isiannya yang berupa daging iga empuk, irisan daun bawang, kentang, wortel, tomat serta taburan bawang goreng kemudian disirami kuah kental berwarna kuning khas.

Kepulan asap tipis pun tampak memanggil-manggil agar soto tangkar ini segera disantap. Jangan lupa perasan jeruk nipis dan sedikit tambahan cabai untuk rasa yang lebih mantap.

Baca: Soto Tulang Ayam Pertama di Jambi, Banyak yang Salah Mengira, Pelanggan Sampai ke Luar Daerah

“Soto tangkar itu bahannya dari bumbu kuning, rasanya hampir sama seperti soto ayam yang tidak bersantan. Isiannya menggunakan iga sapi,” ungkap Chef Zulhan, dari Infinity Hotel Jambi.

Di infinity hotel Jambi anda dapat menikmati soto tangkar ini seharga Rp 85 ribu. Disana juga anda bisa makan sambil menikmati pemandangan Jambi dari lantai atas infinity hotel. (Nurlailis)

Penulis: Nurlailis
Editor: budi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved