Resep Pagi

Dedeng Lambok Cita Rasa Segar, Rasanya Wah Banget

Moms, ini menu memasak dendeng lambok dengan cita rasa segar, ikut saja petunjuk di resep ini. Selamat mencoba...

Dedeng Lambok Cita Rasa Segar, Rasanya Wah Banget
Tribun Jambi/Aline
Dendeng Lambok. 

HALO semuanyaaaaa…

Pada tahu kan sama lauk berbahan dasar daging ini? Yappp… dendeng!!
Ehh, tapi juga pada harus tahu loh, ada banyak ragam sajian dendeng.

Ada dendeng basah atau kalau masyarakat di bagian barat Provinsi Jambi menyebutnya Dendeng Lambok. Dendeng kering yang biasanya menggunakan cabai hijau yang dimasak dengan citarasa segar, seperti sambal matah.

Ada juga dendeng tapi gak pake daging, tapi pake jeroan seperti lidah sapi atau paru paru, lalu ada juga dendeng yang dibuat dari daun singkong, enak deh..

Tapi kali ini saya akan berbagi resep salah satu varian dendeng. Dan dendeng ini paling favorit di kalangan masyarakat, terutama di rumah makan Padang.

Dendeng Lambok. (tribun jambi/aline)
Dendeng Lambok. (tribun jambi/aline) ()

Cita rasa daging empuk berbumbu dan dibalut dengan cabai merah pecah-pecah, waaahhh ditambah nasi panas enak banget nih...

Resep Dendeng Basah/Dendeng Lambok

Bahan

  • 500 gram Daging has (kalo saya lebih suka bagian has luar/sirloin yang lebih banyak uratnya)
  • 100 gram cabai merah keriting
  • 5 siung bawang merah
  • ½ buah tomat merah
  • Minyak untuk menggoreng dan menumis

Bumbu yang dihaluskan

  • 1 sdt ketumbar
  • 3 siung bawang putih
  • 4 siung bawang merah
  • 1 ruas jahe

Cara membuat

  • - Rebus daging bersama bumbu halus hingga empuk, kalau rebus dengan panci biasa kira2 ½-1 jam, kalau pakai panci presto sekitar ¼ jam-20 menit
  • - Dinginkan daging, kemudian potong-potong kotak dengan ukuran 5x5 cm dengan ketebalan ½ cm.
  • - Pukul-pukul daging perlahan hingga gepeng, sisihkan
  • - Panaskan minyak goreng, kemudian goreng daging sekilas-sekilas saja, angkat dan tiriskan
  • - Giling cabai, bawang, tomat dengan sedikit air bekas rebusan daging tadi, tidak usah halus, pecah-pecah saja. Jika menggunakan blender, sebentar saja hanya beberapa detik hanya sampai cabai, bawang, tomat bertekstur pecah-pecah saja
  • - Tumis cabai yang sudah digiling dengan minyak bekas menggoreng daging tadi, masak dengan api kecil sampai cabai benar-benar matang, tambahkan garam, koreksi rasa, angkat dan sajikan
  • Ada banyak resep dalam memasak dendeng lamok ini, ada yang cabainya direbus dahulu adajuga yang seperti resep saya diatas. Kalau pengalaman saya jika cabai direbus dahulu sebelum digiling, maka hasil akhirnya sambal akan kering, tidak basah.
  • Satu di antara tips yang bisa saya berikan adalah ketika merebus daging jangan memberi garam, garam diberikan ketika daging sudah setengah empuk, kecuali jika merebus daging dengan menggunakan presto masukan garam bersama bumbu yang sudah dihaluskan, yaa kali masukin garam waktu merebus pake panci presto gimana caranya, hahaha.. becanda ding..
  • Kemudian ketika menumis sambal, jangan menambahkan gula, karena citarasa dendeng ini biasanya adalah asin gurih, gurih diambil dari kaldu bekas rebusan daging tadi. Masak sambal dengan benar-benar matang, maka rasa pedas otomatis akan berkurang.

Selamat mencoba yaaaa…. (sumber: sekitaraline.blogspot.com)

Baca: Tahu Telur Bumbu Petis, Nikmatnya Selangit

Baca: Pentol Tekwan ala Aline, Bikin Lidah Goyang

Penulis: aline
Editor: duanto
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved