VIDEO

Atuk Kulup: Waspada! Gempa Bumi, Gunung Api, Tsunami dan Gerakan Tanah di Indonesia. Pantau di Sini

Kondisi geografis Indonesia yang berada Zona Cincin Api atau Ring of Fire mengharuskan masyarakat Indonesia waspada terhadap potensi

TRIBUNJAMBI.COM - Kondisi geografis Indonesia yang berada Zona Cincin Api atau Ring of Fire mengharuskan masyarakat Indonesia waspada terhadap potensi bencana gempa.

Zona Cincin Api ini merupakan area pertemuan lempeng bumi terutama lempeng Pasifik. Lantaran pertemuan lempeng aktif, maka area ini termasuk ke dalam kawasan rawan gempa.

Selain itu, di sepanjang zona subduksi ini terdapat gunung api aktif yang jumlahnya lebih dari 450 gunung api.

Baca: Anniversarry Scoopy Jambi Club yang ke- 6, Gelar Modifikasi Motor hingga Games bagi Pengunjung

Inilah yang kemudian melahirkan istilah Cincin Api yakni berupa rangkaian gunung api aktif di sepanjang zona subduksi.

Bukti paling mengerikan ketika terjadinya gempa bumi dahsyat disertai tsunami di Palu dan Donggala, serta baru-baru ini terjadi gempa di Situbondo.

Dikutip dari situs BMKG, Indonesia termasuk daerah rawan gempabumi karena dilalui oleh jalur pertemuan 3 lempeng tektonik, yaitu: Lempeng Indo-Australia, lempeng Eurasia, dan lempeng Pasifik.

Lempeng Indo-Australia bergerak relatip ke arah utara dan menyusup kedalam lempeng Eurasia, sementara lempeng Pasifik bergerak relatif ke arah barat.

Jalur pertemuan lempeng berada di laut sehingga apabila terjadi gempa bumi besar dengan kedalaman dangkal maka akan berpotensi menimbulkan tsunami sehingga Indonesia juga rawan tsunami.

Bencana gempa bumi ini belum dapat diprediksi kapan atau dimana terjadinya sehingga diperlukan kesiapan dan mitigasi bencana untuk menghadapi setiap kemungkinan yang ada kan terjadi.

Baca: Plt Gubernur Jambi Berkunjung Ke Jepang, Ini Agendanya

Baca: Bandara Jambi akan Diperluas, Jumlah Penumpang Naik 2 Kali Lipat

Nah Kali ini Atuk Kulup Tribun Jambi, mengucapkan bela sungkawa atas terjadinya gempa dan tsunami yang melanda indonesia seperti gepa Palu Donggala, gempa Lombok, dan gempa Situbondo yang baru-baru ini terjadi.

Penulis: wawan kurniawan
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help