Bandara Jambi akan Diperluas, Jumlah Penumpang Naik 2 Kali Lipat

Bandar Udara Sultan Thaha Jambi direncanakan akan dikembangkan. Sekda Provinsi Jambi, M Dianto mengemukakan,

Bandara Jambi akan Diperluas, Jumlah Penumpang Naik 2 Kali Lipat
TRIBUN JAMBI/MUHAMMAD FERRY FADLY

Laporan Wartawan Tribunjambi.com Fadly

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Bandar Udara Sultan Thaha Jambi direncanakan akan dikembangkan.

Sekda Provinsi Jambi, M Dianto mengemukakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi mendukung penuh upaya pengembangan Bandara Sultan Thaha Jambi karena diyakini akan memberikan dampak positif bagi pemenuhan kebutuhan masyarakat.

Pekerjaan Investasi Bandara Sultan Thaha Jambi Project Implementation Unit (Airport Construction Division Area II) terus dikebut pelaksanaannya agar hasil yang telah disepakati dapat tercapai.

Baca: VIDEO: Isi Tausiah Ustaz Abdul Somad saat di Kuala Tungkal, Beda Mata Pedagang dan Mata Politikus

Sekda mengtakan, berdasarkan hasil paparan master plan pengembangan bandara oleh pihak AP II, akan ada perpanjangan runway eksisting dari 2.220 x 45 m ditambah 390x45 menjadi 2610 x 45 m dan ditargetkan selesai pada tahun 2019 mendatang.

Dan perluasan itu masih di dalam batas tanah bandara, yang menjadi permasalahan terkendala jalan lingkar yang berada di ujung bandara saat ini, bulan kemaren Alhamdulillah Kepala Bapeda dan Kepala Dinas PUPAR Provinsi Jambi sudah mengadakan rapat tetang Jalan nasional dan jalan provinsi, bertempat di Batam beberapa waktu yang lalu, "Kita sudah melaporkan jalan tersebut kepada pihak Kementerian PUPAR, mereka siap membantu peralihan jalan tersebut," ucap Sekda.

Selain perpanjangan runway dan pembangunan gedung terminal, salah satu upaya pengembangan bandara yakni perluasan akses jalan dua jalur menuju bandara pada akhir tahun 2018 ini selesai, "sebelumnya terkendala atas permintaan masyarakat untuk memindahkan salah satu masjid, Alhamdulilah, masjid itu sudah siap kita bangun dan masyarakat sudah mau menerimanya," sambung Sekda.

Kedepannya kita juga akan berkerja sama dengan Pemerintah Kota Jambi, perhubungan dan Polisi, untuk tindak lanjut jalan yang ada di ujung runway, untuk merekayasa lalulintas sesuai dengan kewenangan masing-masing, lanjut Sekda.

Baca: Bank Jambi Mengajar, Mereka Ajak SAD Menabung

Baca: VIDEO: Sabu 1 Kg di Atas Kapal, Hasil Razia Polres Tanjab Barat di Pelabuhan Marina

Menurut Sekda, jika perpanjangan landasan pacu tersebut terealisasi, maka nantinya landasan itu sudah bisa melayani pesawat berbadan lebar sehingga bisa mendarat di bandara kebanggaan masyarakat Jambi ini.

Sekda juga menjelaskan, ada beberapa aset jalan nasional yang akan diajukan oleh PUPAR Provinsi Jambi nantinya, seperti jalan di bandara lama sepanjang beberapa meter untuk penghapusan.

EGM Yogi Prasetyo Swandi menyampaikan, pengembangan terminal Bandara Sultan Thaha Jambi sebagai upaya antisipasi lonjakan penumpang yang diprediksi akan terus mengalami peningkatan. Saat ini progresnya untuk perluasan terminal masih dalam proses pembangunan lanjutan. Pengembangan terminal bandara tersebut dilakukan pada dua sisi terminal saat ini, "Luasnya hampir dua kali lipat dari luas terminal sekarang, sehingga nantinya bisa menampung lebih banyak penumpang." ucap Yogi.

Baca: Beberapa Daerah di Jambi Masih Berpotensi Hujan

Baca: Segarnya Pindang Ikan di Gending Sriwijaya

Baca: Gending Sriwijaya Sediakan Aneka Menu Masakan Nusantara

Lonjakkan penumpang di Bandara Sultan Thaha Jambi pada tahun ini cukup signifikan dua kali lipat yaitu diatas tiga juta orang penumpang, lanjutnya.

Dalam perluasan terminal bandara dan sesuai perencanaannya itu, pihaknya juga menargetkan untuk pengerjaan fisik akan selesai pada akhir tahun 2019 mendatang. "Area yang akan di perluas ini ada dua unit. masing- masing 5.000 meter persegi. Sebelah kanan bandara seluas 5.000 meter persegi. Sebelah kiri 5.000 meter persegi. Jadi total kedua area yang di perluas 10.000 meter persegi," kata Yogi.

Yogi mengatakan, setelah bangunan bandara ini selesai. Masih banyak lagi yang perlu dilengkapi, seperti mengisi sarana dan prasarananya serta pasilitas lainya. Mengecek sistem SOP.

Baca: Laporan Telah Diregistrasi, KPU Sarolangun akan Disidang

Baca: Ada Pembuktian Terbalik dalam Perkara Gratifikasi Jika Nominalnya Segini

Baca: Kepala Inspektorat Jelaskan Ada Dua Tipe Gratifikasi, Ini yang Harus Dilaporkan

Baca: Tim Saber Pungli Sosialiasi pada OPD dan Pejabat Eselon III Kab. Muarojambi

Penulis: Muuhammad Ferry Fadly
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help