Berusia 84 Tahun dan Berkursi Roda, Nenek Ini Peragakan Tarian Rangguk Kumun di GKJ

Bertempat di Gedung Kesenian Jakarta, Provinsi Jambi meraih sertifikat Budaya tak Benda Indonesia.

Berusia 84 Tahun dan Berkursi Roda, Nenek Ini Peragakan Tarian Rangguk Kumun di GKJ
tribunjambi/fadli
Personel penari empat generasi usai menampilkan Tari Rangguk Kumun mendapat aplaus dari penonton, satu diantaranya nenek 84 tahun yang duduk dikursi roda yang ikut menari 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Fadly

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Bertempat di Gedung Kesenian Jakarta, Provinsi Jambi meraih sertifikat Budaya tak Benda Indonesia. Ada 9 warisan budaya tak benda yang mendapat Sertifikat Warisan Budaya Tak Benda Indonesia.

Bukan cuma itu, satu diantara karya budaya dari Provinsi Jambi yaitu Tari Rangguk Kumun dari Sungai Penuh juga ditampilkan dalam acara yang berlangsung pada Rabu (9/9) malam Tersebut.

Personel penari empat generasi usai menampilkan Tari Rangguk Kumun mendapat aplaus dari penonton
Personel penari empat generasi usai menampilkan Tari Rangguk Kumun mendapat aplaus dari penonton (tribunjambi/fadli)

Tari Rangguk Kumun ini menyita perhatian karena ditarikan (diperagakan) oleh empat generasi. Dimana salah seorang personilnya yang paling tua berusia 84 tahun.

Dalam memeragakan tari tersebut, nenek berusia lanjut tersebut duduk di atas kursi roda. Usai penampilan Tari Rangguk Kumun dari Provinsi Jambi, personel atau penari empat generasi itu mendapat tepuk tangan meriah dari yang hadir dalam acara tersebut.

Baca: Lagi, Jambi Terima Sertifikat Budaya tak Benda. Ini 9 Rincian Warisan Budayanya

Plt Gubernur Jambi, Fachrori Umar berharap sekaligus menekankan agar budaya Provinsi Jambi harus terus dilestarikan. Untuk itu, salah satu upaya yang dilakukan adalah pengenalan budaya Jambi kepada elemen-elemen masyarakat.

"Terutama kepada anak-anak sekolah, sejak SD, agar murid-murid tersebut mengetahui dan mengenal budaya Provinsi Jambi, sejak usia dini," jelas Fachrori. (*)

Penulis: Muuhammad Ferry Fadly
Editor: budi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help