Kesehatan

Janin Sudah Bisa Menangis Sejak dalam Rahim, Kenali Penyebab dan Hal yang Harus Dihindari

Apakah Anda berpikir tangis pertama bayi terjadi saat ia dilahirkan? Ternyata tidak, janin sudah bisa menangis sejak ia berada

Janin Sudah Bisa Menangis Sejak dalam Rahim, Kenali Penyebab dan Hal yang Harus Dihindari
Dailymail.uk
Ilustrasi 

TRIBUNJAMBI.COM - Apakah Anda berpikir tangis pertama bayi terjadi saat ia dilahirkan? Ternyata tidak, janin sudah bisa menangis sejak ia berada dalam kandungan. Kenapa bisa, dan apa sebabnya. Yuk disimak!

Dilansir Klikdokter.com, dr. Fiona Amelia MPH mengatakan, sejak bayi masih di dalam rahim, sesungguhnya ia sudah mulai mempelajari dunia luar. Hal itu dapat dilihat dari respons stimulus eksternal seperti suara, cahaya, gerakan ibu, ayah atau saudara yang sedang mengusap-usap perut ibu.

Baca: Terlempar dan Menabrak Pembatas Jalan, Pembalap Malaysia Ini Tewas Pascakecelakaan

"Di dalam rahim, janin juga bisa terkejut, pipis, berputar-putar hingga melakukan gerakan akrobatik ke sana kemari," jelas dr. Fiona.

Tetapi, bagaimana dengan menangis? Apakah perilaku ini sudah muncul sejak janin masih di dalam kandungan?

Menangis di dalam rahim

Sebuah studi pada tahun 2004 mencoba menyelidiki perilaku janin di dalam rahim terhadap paparan rokok dan kokain. Didapati lima aktivitas yang dilihat sebagai respons janin, yakni tidur nyenyak, keaktifan bergerak, terbangun namun tenang, terbangun dan aktif secara tiba-tiba, serta menangis.

Pada awalnya, peneliti berasumsi bahwa hanya empat aktivitas pertama yang terjadi di dalam rahim. Namun ternyata, di dalam rahim janin pun bisa menangis. Bahkan, studi ini mampu memperlihatkan rekaman video janin menangis di dalam rahim untuk pertama kalinya.

Dari video tersebut, janin menunjukkan perilaku menangis, menarik napas, membuka mulut dan menjulurkan lidah, kemudian memperlihatkan tiga kali tarikan napas berturut-turut sebelum akhirnya mengeluarkan nafas panjang. Dalam studi ini, peneliti menemukan bahwa perilaku ini didapatkan pada setidaknya 10 bayi lainnya.

Baca: Bocah 3 Tahun Diduga Dianiaya Ayahnya, Terungkap Ketika Ibu Datang Menjenguk

Baca: Enam Hari Dilaporkan Hilang, Jasad Wanita 63 Tahun Ditemukan dalam Septic Tank

"Hasil studi ini menunjukkan bahwa yang membedakan perilaku menangis pada janin di dalam rahim dengan bayi yang sudah lahir hanyalah suara tangisan. Pergerakan tubuh, mimik wajah, pola tarikan dan keluarnya napas, semua sama dengan perilaku bayi yang menangis pada umumnya," jelas Fiona.

Kapan mulai menangis?

Halaman
12
Penulis: fifi
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help