Hotline Public Service

Inilah 10 Permasalahan Paling Banyak Diadukan Warga Kota Jambi Melalui Aplikasi Sikesal

Aplikasi Sistem Informasi Keluhan Masyarakat Online (Sikesal) Kota Jambi dilaunching sejak Januari 2018 lalu. Hingga kini system

Inilah 10 Permasalahan Paling Banyak Diadukan Warga Kota Jambi Melalui Aplikasi Sikesal
Tribun Jambi
Ilustrasi jalan rusak. 

Laporan Wartawan Tribunjambi.com Rohmayana

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI- Aplikasi Sistem Informasi Keluhan Masyarakat Online (Sikesal) Kota Jambi dilaunching sejak Januari 2018 lalu. Hingga kini system terus berjalan. Ada banyak pengaduan yang disampaikan masyarakat Kota Jambi melalui aplikasi Sikesal.

Pada aplikasi tersebut ada 10 masalah yang menjadi keluhan masyarakat di Kota Jambi. Utamanya masalah infrastruktur dan pelayanan. Keluhan terbanyak yakni masalah Jalan, selanjutnya masalah sampah, air tidak mengalir, kesehatan, drainase, banjir, pohon, kebocoran pipa air, median jalan bergeser dan terakhir pendidikan.

Baca: Penyegelan Gereja, Ini Penjelasan Pemkot Jambi 

Nirwan, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Doskominfo) Kota Jambi mengatakan, saat ini system berjalan normal, hanya saja pihaknya masih akan melakukan penyempurnaan aplikasi pada tahun yang akan datang.

“Kita mau sempurnakan tampilan, supaya lebih mudah dilihat masyarakat,” kata Nirwan.

Sistem tersebut sudah terkoneksi langsung dengan OPD terkait, misalnya ada keluhan masalah jalan, system langung terkoneksi dengan Dianas PUPR. Setiap OPD memiliki masing-masing admin untuk memberikan respon pada pengaduan tersebut. Jika admin dari OPD tidak merespon, maka pengaduan tersebut otomatis masuk ke kepala OPD. Itu sudah system.

“Jika kepala OPD tidak respon, otomatis langsung naik ke Asisten, jika juga tidak mendapat respon maka akan sampai langsung ke Wali Kota Jambi. Ada pemberitahuan langsung dari aplikasi tersebut, jika tidak ada direspon,” ujarnya.

Sejauh ini, semua pengaduan masyarakat langsung direspon pada tingkat admin masing-masing OPD. Tidak ada yang naik ke Kepala OPD.

“Alhamdulillah semua pengaduan ditindaklanjuti,” ujarnya.

Baca: Sikap Kita ke Orang Lain Menentukan Sikap Orang Lain ke Diri Kita Sendiri

Baca: Sepekan Lebih, Kepolisian Belum Tetapkan Satupun Tersangka Pembunuh Bobi

Kini pengunjung aplikasi sikesal lebih kurang ada 300 akun. Jumlah tersebut memang dinilai masih sangat minim. Hal ini diakui Nirwan, karena masih kurangnya sosialisasi dari Diskominfo.

Sementara Wali Kota Jambi Sy Fasha mengatakan, pengaduan masyarakat melalui Sikesal tersebut terus ditindaklanjuti pihaknya.

“Banyak yang sudah dilaporkan itu langsung kami tindak lanjuti. Memang ada 10 top permasalahan. Dari sepuluh itu tiap hari kami tindaklanjuti,” katanya.

Penulis: Rohmayana
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved