Penyampaian Visi Misi Bupati Merangin Tanpa Unsur Pimpinan Dewan, Ini Penjelasannya

Rapat paripurna DPRD Kabupaten Merangin dengan agenda penyampaian pdato visi dan misi Bupati

Penyampaian Visi Misi Bupati Merangin Tanpa Unsur Pimpinan Dewan, Ini Penjelasannya
tribunjambi/muzakkir
Rapat paripurna DPRD Merangin, (26/9/2018). 

Laporan Wartawan Tribunjambi Muzakkir

TRIBUNJAMBI.COM, BANGKO -- Rapat paripurna DPRD Kabupaten Merangin dengan agenda penyampaian pdato visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Merangin Haris dan Mashuri (Hamas) periode 2018-2023 menuai protes.

Anggota DPRD Kabupaten Merangin Adnan dari partai Demokrat menyoroti jalannya acara paripurna ini, sebab unsur pimpinan dewan tidak hadir dengan lengkap.

Baca: Penyampaian Visi Misi Bupati Merangin Diwarnai Protes

Dari tiga unsur pimpinan dewan, yang hadir hanya Ketua DPRD Kabupaten Merangin Zaidan Ismail saja, sementara dua wakil ketua Isnedi dan Fauzi Yusuf tidak hadir.

"Sebelum acara ini dimulai, saya mau menanyakan sejatinya dua pimpinan kita hadir, apa alasan mereka tidak hadir, tolong jelaskan agar masyarakat tau," kata Adnan.

Untuk menjelaskan ini, Zaidan minta Sekretaris Dewan Fauziah untuk menjelaskan. Dalam penjelasan itu, Fauziah menyebut bahwa saat ini hanya ada satu wakil ketua yaitu Isnedi. Sementara Fauzi Yusuf tidak lagi sebagai unsur pimpinan, hal itu sesuai dengan peraturan PKPU, di mana apabila seorang anggota DPRD pindah partai, maka hak dan kewajibannya sebagai dewan dicabut.

"Untuk pak Isnedi beliau sedang sakit," kata Fauziah.

"DPRD dilantik oleh Gubernur, sejatinya pemberhentian juga dilakukan oleh Gubernur," sanggah Adnan.

Tak lama kemudian, M Nasir Kabag Hukum dan perundang-undangan Sekretariat DPRD Kabupaten Merangin menjelaskan jika tidak hadirnya wakil ketua DPRD Merangin Fauzi Yusuf di tengah-tengah acara ini karena beliau tidak lagi sebagai unsur pimpinan dewan.

"Kami telah konsultasi kepada KPU, termasuk DPRD Provinsi Jambi terkait permasalahan dewan yang pindah partai. Dalam konsultasi tersebut jika yang pindah partai secara otomatis tidak lagi sebagai anggota dewan," kata M Nasir. (*)

Penulis: muzakkir
Editor: nani
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help