250 Sertifikat Akan Dibagikan untuk UMKM di Sungaipenuh

Kota Sungai Penuh melalui Dinas Koperasi dan UMKM tahun ini menerima 250 sertifikat tanah

250 Sertifikat Akan Dibagikan untuk UMKM di Sungaipenuh
Tribun Jambi/Abdullah Usman
Ilustrasi. Sertifikat tanah 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Herupitra

TRIBUNJAMBI.COM, SUNGAIPENUH - Kota Sungai Penuh melalui Dinas Koperasi dan UMKM tahun ini menerima 250 sertifikat tanah yang diperuntukkan bagi pemilik UMKM.

Ditargetkan hingga akhir tahun sebanyak 250 sertifikat tersebut sudah dibagikan ke pelaku UMKM yang memenuhi syarat.

Hal itu disampaikan oleh kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Sungai Penuh, Abrardani ditemui di ruang kerjanya, kemarin.

Ia mengatakan, kota Sungai Penuh sebagai kota perdagangan dan jasa, memiliki ribuan pelaku UMKM yang menggerakkan roda perekonomian Kota Sungai Penuh.

“Setiap tahunnya, pelaku UMKM di Kota Sungai Penuh terus bertambah,” kata Abrardani.

Berdasarkan data Dinas Koperasi dan UMKM sebutnya, hingga akhir tahun 2017 ada sekitar 8400 UMKM di Kota Sungai Penuh. Jumlah tersebut hingga saat ini dipastikan akan terus bertambah.

Dalam upaya mengembangkan minat usaha masyarakat kota Sungai Penuh untuk berwirausaha melalui UMKM ungkapnya, tahun ini dinas Koperasi dan UMKM menerima 250 sertifikat tanah khusus bagi pemilik UMKM. Sertifikat tersebut didapat dari kanwil pertanahan Provinsi Jambi.

Terkait hal itu ujarnya, saat ini sertifikat tanah tersebut sudah mulai direalisasikan. Dinas Koperasi dan UMKM tengah melakukan pengukuran dengan BPN kota Sungai Penuh.

“Ditargetkan hingga akhir tahun 2018 ini 250 sertifikat tersebut sudah dibagikan ke pelaku UMKM,” sebutnya.

Dilanjutkannya, jika dibandingkan dengan tahun 2016 dan 2017 lalu, jumlah sertifikat tanah untuk pelaku UMKM tahun 2018 ini mengalami peningkatan. Dimana pada tahun 2016 lalu hanya 100 sertifikat yang dijatahkan oleh kanwil pertanahan Provinsi Jambi, dan tahun 2017 tidak ada jatah untuk Kota Sungai Penuh.

“Sedangkan untuk tahun 2019 mendatang ada 350 sertifikat yang akan diterima Kota Sungai Penuh,” ungkapnya.

Meski ada program sertifikat tanah lainnya seperti prona, namun Dinas Koperasi dan UMKM tidak mempermasalahkannya. Sebab bagu mereka, terpenting pelaku UMKM harus memiliki sertifikat tanah yang dapat digunakan untuk membantu permodalan.(*)

Tags
UMKM Jambi
Penulis: heru
Editor: nani
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved