Alokasi Dana Desa

Masih Sembilan Desa di Tanjabtim Belum Cairkan Dana Desa

Hingga pertengahan Mei 2018 ini, masih ada sembilan desa di Kabupaten Tanjung Jabung Timur yang belum mencairkan

Masih Sembilan Desa di Tanjabtim Belum Cairkan Dana Desa
Tribun Jambi/Zulkifli
Kepala Dinas Pemeberdayaan dan Desa Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Syafaruddin 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Zulkifli

TRIBUNJAMBI.COM, MUARASABAK - Hingga pertengahan Mei 2018 ini, masih ada sembilan desa di Kabupaten Tanjung Jabung Timur yang belum mencairkan dana desa tahap pertamanya.

Kepala Dinas Pemberdayaan dan Masyarakat dan Desa, Syafaruddin mengatakan, Dari 73 jumlah total desa di Kabupaten Tanjanbtim, 43 desa telah mencairkan dana desanya, namun yang sudah direkomendasikan oleh Dinas PMD kepada pihak keuangan sebanyak 64 desa.

Baca: Jalan Terusan Tembus Ness-CitraRaya City Diresmikan, Bisa Dilalui saat Mudik Lebaran

"Pada intinya yang masih dalam proses penyusunan bahan ada sembilan desa," kata Syafaruddin, kepada Tribunjambi.com, Jumat (18/5).

Dijelaskan Syafaruddin, kesembilan desa yang belum cair tersebut dikarenakan terdapat kesalahan-kesalahan pada proposal pengajuan pencairan dana desa.

"Mereka sudah mengajukan kepada kami, namun ada kesalahan-kesalahan, kami balikkan lagi untuk diperbaiki dengan petunjuk dari kami," ujar Syafaruddin.

Kesalahan yang dimaksud tersebut adalah kesalahan terkait penempatan anggaran silpa, silpa itu rerata digabungkan mereka (Red-Desa), seharusnya tidak digabungkan melainkan disesuaikan asal silpa tersebut.

"Misalnya silpa dari Alokasi dana desa (ADD) dikembalikan ke ADD tidak bisa digabung dengan silpa DD," sebut Syafar.

Karena jarak limit waktu pencairan antara DD tahap satu dengan tahap dua tidak jauh berberda yakni di bulan juni. Maka pihak Dinas PMDberharap diawal Juni pihak desa sudah kembali mencairka DD tahap duanya.

Baca: Komoditi asal Jambi yang Dapat Tingkatkan Kejantanan Pria Ini Tembus Pasaran Korea

Baca: DRAMATIS - Perampokan di Kasang, Kakak Selamatkan 2 Adik ke Luar. Lalu Kunci Ruko dari Luar

"Sebenarnya sekarang ini sudah meluai masuk pencairan tahap dua, dimulai Mei hingga minggu ke empat Juni. Setelah pihak desa sudah menggunakan DD tahap satu, bisa langsung mencairkan DD tahap dua, dengan melaporkan SPJ tahap satu," sebut Syafar.

"Warning kita kepada desa sangat keras agar segera mencairkan dan membelanjakan DD-nya, jangan sampai terjadi Silpa, bisa jadi kedepan DD-nya dikurangi sesuai dengan nilai yang tidak dicairkanya," pungkas Syafaruddin.

Penulis: Zulkifli
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help