Ramadan Mubaraq

Tradisi Pawai Keliling Kampung Sambut Ramadan di Kerinci

Beberapa desa di kabupaten melakukan berbagai kegiatan dalam menyambut bulan suci Ramadan. Seperti yang dilakukan

Tradisi Pawai Keliling Kampung Sambut Ramadan di Kerinci
TRIBUN JAMBI/HENDRI DEDE PUTRA

TRIBUNJAMBI.COM, KERINCI - Beberapa desa di kabupaten melakukan berbagai kegiatan dalam menyambut bulan suci Ramadan. Seperti yang dilakukan warga Desa Sebukar dan desa Bunga Tanjung Kecamatan Sitinjau Laut, Kabupaten Kerinci menggelar pawai keliling kampung.

Berbeda dengan desa lainnya, desa yang terkenal sejak zaman dahulu merupakan pusat pengajian ilmu agama Islam di Kabupaten Kerinci ini, menyambut bulan suci Ramadan 1439 Hijriah dengan penuh kemeriahan, yakni dengan melaksanakan pawai ta'aruf.

Baca: 7 Kades di Kerinci Terancam Ditahan, Kasus Foto Bersama Cawabup Naik ke Pengadilan

Pawai ta'aruf dilakukan oleh Karang Taruna, Hippmas, Remaja Masjid beserta masyarakat Desa Sebukar, Kecamatan Sitinjau Laut yang dimulai dan diarak dari Masjid Raya Sebukar setelah Salat Ashar dan mengelilingi desa Sebukar.

Meskipun cuaca panas, namun semangat seluruh warga Sebukar hingga anak-anak untuk mengikuti pawai cukup tinggi. Hal tersebut terbukti dengan, sebelum salat Ashar, halaman masjid sudah penuh oleh seluruh warga Sebukar dengan menggunakan pakaian muslim.

"Pada saat pawai, bukan hanya dimeriahkan dengan balon, spanduk, akan tetapi juga dengan Drum Band dan Badut yang membuat anak-anak terhibur dan bahkan mengajak untuk foto selfi," ujar Ketua Panitia, Abdul Rahman.

Ia juga menjelaskan, peserta pawai membawakan spanduk yang intinya berisikan ucapan selamat datang bulan suci Ramadan, dan dengan tema pawai pada Ramadan kali ini, “Sucikan hati dengan iman, ilmu dan amal".

Baca: Banyak Pegawai Tinggalkan Kantor untuk Urusan Pribadi,  Satpol PP Sarolangun Gelar Razia 

Baca: Pemilik Toko di Bungo Tolak Pendirian Tenda Bazar karena Tutup Akses

"Acara ini dilakukan rutin tahunan, Dan dalam bulan Ramadan nantinya kami akan melaksanakan MTQ, dan pada akhir penguhujung Ramadan akan dilakukan takbir keliling," ungkapnya.

Sementara itu Kepala Desa Sebukar, Tablik Depati, dikonfirmasi sangat mengapreasiasi kegiatan yang dilaksnakan oleh para pemuda dan pemudi Desa Sebukar dalam menyambut bulan suci Ramadan. "Kegiatan ini telah menjadi tradisi masyarakat Desa Sebukar dari tahun ke tahun," ujarnya.

Penulis: hendri dede
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help