Bandara Corner

Jika Bandara Tanpa Petugas Avsec, Kecelakaan Pesawat akan Terus Terulang

Di dunia penerbangan pasti Anda pernah mendengar kata AVSEC atau bertemu dengan seorang AVSEC. AVSEC ini adalah singkatan

Jika Bandara Tanpa Petugas Avsec, Kecelakaan Pesawat akan Terus Terulang
(KOMPAS.com/Ronny Adolof Buol)
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Wahyu Herliyanto

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Di dunia penerbangan pasti Anda pernah mendengar kata AVSEC atau bertemu dengan seorang AVSEC. AVSEC ini adalah singkatan dari (Aviation Security) atau keamanan penerbangan.

Petugas Chief (komandan regu) AVSEC di Bandara Sultan Thaha Jambi, Herman menjelaskan AVSEC merupakan petugas keamanan penerbangan. Tak hanya pengamanan penumpang, tapi juga barang bawaan. Serta benda yang dapat mengganggu kesehatan manusia yang dapat mengancam keselamatan penumpang.

Baca: Dianggarkan Rp 14 M, Jumlah Guru Kontrak di Merangin Capai 1.283 Orang

"Ya, tugas AVSEC menjamin keamanan dan keselamatan penerbangan, keteraturan dan efisiensi penerbangan terhadap awak pesawat udara. Selain itu memberikan perlindungan terhadap para penumpang, para petugas darat, masyarakat dan instansi di lingkungan bandar udara," jelas Herman, Kamis (15/2).

"Selain itu juga melakukan pemeriksaan awak penumpang, awak pesawat, pemeriksaan bagasi dan pengawasan cargo," jelasnya.

AVSEC sangat penting dalam dunia penerbangan, karena peran Avsec di sini mencegah terjadinya kecelakaan pesawat.
Bagaimana jika suatu bandara tidak ada petugas AVSEC yang berjaga di pintu keberangkatan dan kedatangan terminal bandara.

"Pasti kecelakaan pesawat akan terus terulang. Belum lagi barang barang bawaan yang berbahaya bisa masuk ke dalam pesawat terbang," jelasnya.

Baca: Pilkada Kerinci - Ini Jumlah Dana Awal Kampanye Cabup-Cawabup Kerinci, Paslon No 1 Terbanyak

Baca: Ribuan Guru Honorer di Merangin Perpanjang Kontrak, Gaji di Daerah Terpencil Lebih Besar

Penulis: Wahyu Herliyanto
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help