Masih Ingat Mantan PM Cantik Thailand Yingluck Shinawatra yang Buron? Ini Kabar Terbarunya

Mantan Perdana Menteri Thailand Yingluck Shinawatra, yang melarikan diri dari negara tersebut untuk menghindari dipenjara

Masih Ingat Mantan PM Cantik Thailand Yingluck Shinawatra yang Buron? Ini Kabar Terbarunya
ANTARA
Yingluck saat berkunjung ke Indonesia tahun 2011 lalu.

TRIBUNJAMBI.COM, BANGKOK - Mantan Perdana Menteri Thailand Yingluck Shinawatra, yang melarikan diri dari negara tersebut untuk menghindari dipenjara karena salah skema subsidi beras yang merugikan negaranya miliaran dolar terdeteksi berada di Inggris, kata menteri luar negeri Thailand, Don Pramudwinai Selasa (9/1).

Komentar Don muncul setelah dua foto yang mengaku Yingluck beredar secara luas di media sosial.Don Pramudwinai mengatakan kepada wartawan di Bangkok pada hari Selasa bahwa Yingluck berada di London dan bahwa pihak berwenang Thailand menghubungi rekan-rekan Inggris mereka untuk mencoba menemukannya.

Salah satu foto memperlihatkan Yingluck berpose dengan seorang wanita mengenakan mantel merah disertai dengan keterangan bahwa foto itu diambil di luar toserba Harrods London. Foto kedua diduga adalah Yingluck di pusat perbelanjaan Westfield London.

yingluck
Foto mantan Perdana Menteri Thailand, Yinluck Shinawatra, yang tengah berada di London sehingga menjadi viral. Yingluck kabur dari Thailand sejak Agustus 2016 atas kasus kelalaian kriminal dalam kebijakan beras.(Twitter Andrew Marshall/Straits Times)

Baca: GALERI FOTO: Inilah 5 Istri Lelaki Terkaya di Dunia, Pesona Mereka Bikin Ngiri

Polisi Thailand mengatakan bahwa mereka telah memverifikasi foto Yingluck dengan seorang wanita dengan mantel merah dan telah mengonfirmasi identitas Yingluck. Mereka belum mengonfirmasi identitas wanita dalam foto yang diduga diambil di Westfield.

Sementara Reuters belum memverifikasi secara independen foto keduanya.

Yingluck dijatuhi hukuman pada bulan September secara in absentia lima tahun penjara karena salah mengatur skema beras.

Yingluck belum berkomentar di depan umum sejak melarikan diri dari Thailand pada bulan Agustus menjelang vonis dalam kasus kelalaian kriminal terhadapnya. Dan lokasi pelariannya telah menjadi sumber spekulasi yang kuat.

Yingluck dan saudara laki-lakinya, menggulingkan mantan Perdana Menteri Thaksin Shinawatra, setelah terjadi perebutan kekuasaan yang mendominasi politik Thailand selama lebih dari satu dekade. Krisis ini secara luas memanfaatkan elite tradisional negara tersebut, termasuk militer, melawan keluarga Shinawatra dan para pendukungnya.

Don Pramudwinai kepada wartawan di Bangkok pada hari Selasa bahwa Yingluck berada di London dan bahwa pihak berwenang Thailand menghubungi rekan-rekan Inggris mereka untuk mencoba menemukannya.

the sta
Foto Yingluck terdeteksi di mal di London.(The strait times)

Baca: Overdosis Obat Perangsang, Video Pria Amerika Tanpa Pakaian di Bandara Hebohkan Sosmed

Baca: Tertidur Saat Penerbangan, Perempuan Ini Kaget Waktu Bangun Tak Lagi Berpakaian

"Kami tahu tentang hal ini sejak bulan September, Menteri Luar Negeri Inggris mengatakan kepada kami Yingluck berada di London, Inggris," kata Don kepada wartawan. "Kami sudah berkomunikasi secara konsisten tapi kami belum menemukannya."

Dia menolak berkomentar secara khusus mengenai apakah Thailand akan mengupayakan ekstradisi Yingluck. Thailand dan Inggris memiliki perjanjian ekstradisi.

Kedutaan Besar Inggris di Bangkok tidak segera menanggapi permintaan Reuters untuk mengomentari keberadaan Yingluck.Sumber: The New York Times/Reuters

Penulis: fifi
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved