Komisi III DPRD Kota Jambi Tinjau Lokasi Proyek IPAL di Jambi Timur

Komisi III DPRD Kota Jambi melakukan penijauan lokasi pembangunan Saluran Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) di Kelurahan Kasang, Jambi Timur.

Penulis: Danang Noprianto | Editor: Teguh Suprayitno
Tribunjambi/Danang
Kepala Satuan Kerja Pembangunan IPAL Evry B Meliala Mendampingi Ketua Komisi III Saiful dan Wakil Ketua DPRD Kota Jambi Pangeran HK Simanjuntak Meninjau Progres Pembangunan IPAL di Kasang, Jambi Timur, Jumat (6/1). 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Komisi III DPRD Kota Jambi melakukan penijauan lokasi pembangunan Saluran Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) di Kelurahan Kasang, Jambi Timur, Jumat (6/1/2023).

Ketua Komisi III, Saiful secara langsung meninjau lokasi ini bersama Wakil Ketua Pangeran HK Simanjuntak.

Dalam tinjauan ini Komisi III disambut oleh Kepala Satuan Kerja (Satker) Evry B Maliala yang menjelaskan secara langsung perkembangan proyek IPAL ini.

Dalam paparan yang dijelaskan oleh Evry, Wakil Ketua DPRD Pangeran mengaku senang dengan progres pembangunan yang sudah berjalan saat ini.

"Kami minta penjelasan pembangunan secara fisik sudah sampai mana dan kami cukup senang atas penjelasan yang diberikan," ucapnya.

Baca juga: Angka ODGJ di Kota Jambi Meningkat

Menurutnya progres perkembangannya saat ini sudah cukup baik, baik pembangunan IPAL dan juga jaringan perpipaan.

Dirinya berharap sesuai target, rencana bulan Mei 2023 ini sudah melakukan tes Komisioning IPAL.

"Kita berharap semua dapat berjalan baik kedepannya," ucapnya.

Sementara itu Ketua Komisi III, Saiful mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Kota Jambi dan pemerintah pusat yang mengalokasikan anggaran begitu besar untuk membangun IPAL di Kota Jambi.

"Ini bermanfaat bagi masyarakat Jambi sendiri, makanya kedepan nanti juga proyek ini akan dilanjutkan dengan pembangunan sambungan rumah yang targetnya 10.000 rumah, yang jelas kita rakyat Kota Jambi mendukung pembangunan ini dan harapan kami proyek ini selesai sesuai dengan jadwal," tutupnya.

Baca juga: Truk Batu Bara Kecelakaan Beruntun di Talang Bakung Kota Jambi

Perlu diketahui IPAL Komunal merupakan sebuah program berbasis masyarakat dari Kementerian PUPERA dengan sumber dana dari Islamic Development Bank (IsDB) yang digunakan secara bersama - sama dalam sebuah kawasan permukiman padat dengan sanitasi yang tidak layak.

IPAL berfungsi sebagai Pengolahan air limbah perkotaan, untuk membuang limbah manusia dan limbah rumah tangga lainnya. Pengolahan air limbah industri, untuk mengolah limbah cair dari aktivitas manufaktur sebuah industri dan komersial, termasuk juga aktivitas pertambangan.

Ikuti berita terbaru Tribunjambi.com di Google News

Sumber: Tribun Jambi
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved