Motor Listrik

Warga Bisa Beli Motor Listrik Rp7,5 Juta, Pemerintah Beri Subsidi Rp8 Juta

Pemerintah berencana memberikan insentif bagi masyarakat yang ingin membeli motor listrik. Tahap finalisasi regulasi tentang insentif tersebut

Editor: Fifi Suryani
Istimewa
Ojek online mencoba menggunakan motor listrik 

TRIBUNJAMBI.COM, JAKARTA - Pemerintah berencana memberikan insentif bagi masyarakat yang ingin membeli motor listrik. Tahap finalisasi regulasi tentang insentif tersebut tengah dibahas. Akan tetapi, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menyebut untuk pembelian motor listrik baru insentif yang akan diberikan sebanyak Rp 8 juta, sedangkan sepeda motor konversi sebesar Rp 5 juta.

Jika subsidi tersebut terealisasi pada tahun 2023, maka akan ada sepeda motor listrik yang bisa dibanderol sebesar Rp 7,5 juta, seperti sepeda motor listrik merek Selis. Selis tipe E-Max - Baterai SLA dibanderol sebesar Rp 15,5 juta, jika insentif diberikan dalam bentuk potongan harga langsung, maka konsumen dapat membeli dengan harga Rp 7,5 juta saja.

Akan tetapi, subsidi ini hanya berlaku untuk pembelian sepeda motor listrik baru dan buatan dalam negeri. Berikut Tribun rangkum sepeda motor listrik buatan Indonesia :

1. Gesits

Gesits merupakan brand kendaraan listrik roda dua yang pembuatannya ditangani oleh PT WIKA Industri Manufaktur (WIMA), perusahaan patungan PT Wijaya Karya Industri dan Konstruksi dengan PT Gesits Technologies Indo.

Skuter listrik Gesits menggunakan tenaga listrik dengan daya 5 Kw, yang dapat menempuh jarak hingga 50 km saat baterai terisi penuh untuk baterai tunggal dan 100 km jika menggunakan baterai ganda.

Untuk mengisi daya baterai hanya membutuhkan waktu 3 hingga 4 jam hingga terisi penuh. Skutik Gesits ditawarkan ke konsumen dengan harga mulai dari Rp 26 juta.

2. Selis

Berdiri sejak 2011, PT Juara Bike dengan brand Selis telah dikenal sebagai produsen kendaraan listrik di Indonesia. Perusahaan telah banyak mengeluarkan produk, mulai dari sepeda listrik hingga motor listrik.

Khusus untuk sepeda motor listrik, Selis telah merilis empat model, seperti Selis tipe E-Max - Baterai SLA dengan jarak tempuh hanya 40 km, dibanderol sebesar Rp 15,5 juta.

Lalu ada sepeda motor listrik Selis tipe E-Max - Baterai Lithium (Single), ditawarkan dengan harga Rp 18 juta, memiliki jarak tempuh 60 km.

Selanjutnya, skuter listrik Selis tipe Agats yang dijual seharga Rp 19,9 juta, yang mampu menempuh jarak 50 km dalam sekali pengisian baterai dan kecepatan maksimumnya mencapai 60 km/jam.

Terakhir ada skutik listrik Selis tipe E-Max - Baterai Lithium (Dual) dibanderol sebesar Rp 24 juta, dengan jarak tempuhnya super jauh, yakni 120 km dan kecepatan maksimalnya diangka 50 km/jam.

3. Volta 401

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved