Breaking News:

Berita Jambi

Gubernur Jambi Sebut Dua Perusahaan Batubara Akan Pakai Jalur Sungai

Gubernur Jambi Al Haris mengungkapkan sudah ada dua perusahaan angkutan batubara yang akan beralih dari jalur darat ke jalur Sungai Batanghari.

Penulis: Danang Noprianto | Editor: Suci Rahayu PK
Tribunjambi.com/Danang Noprianto
Gubernur Jambi Al Haris 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Gubernur Jambi Al Haris mengungkapkan sudah ada dua perusahaan angkutan batubara yang akan beralih dari jalur darat ke jalur Sungai Batanghari.

"Sudah ada dua perusahaan besar yang hari ini melalui sungai itu, tinggal pindah dari mobil ke tongkang itu saja masalahnya," katanya, Jumat (9/12/2022).

Namun dirinya tak menyebut secara spesifik perusahaan mana saja yang akan beralih ke jalur Sungai Batanghari ini.

Al Haris mendorong perusahaan-perusahaan lain untuk berpindah juga, karena dua perusahaan ini mampu berpindah ke jalur Sungai Batanghari kenapa yang lain tidak ikut bergabung.

"Kenapa dua perusahaan bisa, berarti bisa, tinggal antisipasi dan disiasati bahwa tadinya lewat jalur darat sekarang lewat jalur air," tambahnya.

Sementara itu disinggung bahwa pihak Balai Wilayah Sungai Sumatera (BWSS) VI meminta perlu kajian mendalam tentang penggunaan Sungai Batanghari sebagai jalur angkutan batubara. Al Haris mengambil keputusan sebagaimana yang telah ditetapkan.

Ia mengatakan bahwa sebagai Gubernur dirinya berhak menggunakan diskresi (kebebasan mengambil keputusan sendiri dalam setiap situasi yang dihadapi) terutama saat kondusi mendesak.

"Saya kira jika posisi mendesak saya selaku gubernur, dan juga wakil pemerintah pusat di daerah, saya perlu menggunakan diskresi gubernur itu boleh, ketika daerah mendesak perlu kepastian hukum namun tidak ada Undang-undang yang mengatur hari ini silakan saja lewat jalur sungai itu boleh," pungkasnya. (Tribunjambi.com/Danang Noprianto)

 

Simak berita terbaru Tribunjambi.com di Google News

Baca juga: Harga Emas Batangan Antam Naik, Ini Harga Logam Mulia di Galeri 24 Kota Jambi

Baca juga: Tiga Pertarungan Kunci Kroasia vs Brasil di Perempat Final Piala Dunia 2022 Malam Ini

Baca juga: Peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia, Kejari Tanjabtim Bagi-bagi Stiker

Sumber: Tribun Jambi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved