DPRD Provinsi Jambi

Ketua DPRD Jambi Buka Sosialisasi SLIP Desa di Merangin, Ajak Kades Libatkan Publik Susun APBDes

Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto membuka Kegiatan Sosialisasi Peraturan Komisi Informasi No 1 Tahun 2018 tentang Standar Layanan Informasi Publ

Penulis: Samsul Bahri | Editor: Rian Aidilfi Afriandi
Ist
Ketua DPRD Jambi Buka Sosialisasi SLIP Desa di Merangin 

Laporan Wartawan Tribun Jambi
Samsul Bahri, TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI-
Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto membuka Kegiatan Sosialisasi Peraturan Komisi Informasi No 1 Tahun 2018 tentang Standar Layanan Informasi Publik (SLIP) Desa yang digelar Komisi Informasi Provinsi Jambi, Selasa (6/12)

Acara yang digelar di Aula Bappeda Provinsi Jambi ini dihadiri Kepala Desa dan Camat Se-Kabupaten Merangin. Hadir Pula Wakil Bupati Merangin Nilwan Yahya, Kadis Kominfo Merangin Arif, dan Kepala Bappeda Merangin Agus Syaifudin.

Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto memberikan apresiasi kepada Komisi Informasi Jambi yang telah mengadakan kegiatan ini untuk mendorong Keterbukaan Informasi.

Edi Purwanto menerangkan bahwa Provinsi Jambi telah memiliki Perda Nomor 3 tahun 2014 tentang Pelaksanaan Pelayanan Informasi Publik Penyelenggaraan Pemerintah Daerah. Kata Edi Purwanto ada dua hal yang menjadi pokok dalam Perda tersebut.

"Pertama perlu adanya partisipasi masyarakat di setiap keputusan publik yang diambil. Kedua penyelenggaraan pemerintah yang baik, transparan, efekfif, efisien, akuntabel dan dapat dipertanggungjawabkan,"ujarnya.

Lebih lanjut disampaikan oleh Edi Purwanto bahwa saat ini dalam menyusun APBD, legislatif selalu melibatkan partisipasi masyarakat. Salah satunya melalui reses yang selanjutnya dirangkum dalam Pokok-pokok pikiran DPRD.

"Kami langsung teruskan ke OPD terkait agar memasukkan kedalam RKPD dengan mengacu ke tujuh indikator kesejahteraan nasional; kemiskinan, pengangguran, kematian ibu melahirkan, kematian bayi, indeks pembangunan manusia, pendapatan perkapita dan angka gini ratio,"sampainya.

Sementara, Indra Lesmana Ketua Komisi Informasi Provinsi Jambi menjelaskan bahwa kegiatan ini dilakukan guna meningkatkan pemahaman atas pelaksanaan Undang-undang Nomor 1 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Peraturan Komisi Informasi Nomor 1 Tahun 2018 tentang Standar Layanan Informasi Publik Desa.

Komisi Informasi Jambi mendapatkan pada APBDP tahun 2022 untuk melakukan sosialisasi terhadap 300 kepala desa dari tiga Kabupaten Yaitu Merangin, Tanjab Barat dan Sarolangun.

"Alhamdulilah hari ini kita laksanakan di Merangin. Peserta kepala desa 100 dan 24 Camat dalam kabupaten Merangin," katanya.

Nilwan Yahya, Wakil Bupati Merangin dalam sambutannya menyampaikan dukungan atas kegiatan sosialisasi kades ini dan meminta kepada para camat dan kades untuk fokus dan serius dalam mendengar materi keterbukaan informasi.

"Ini adalah suatu keharusan di era digitalisasi ini. Disamping itu juga pemkab mengharapkan Komisi Informasi untuk melaksanakan kegiatan yang sama dengan kades yang belum mengikuti saat ini,"pungkasnya.

Simak berita terbaru Tribunjambi.com di Google News

Baca juga: Renungan Harian Kristen Rabu 7 Des 2022 - Motif Datang Beribadah

Baca juga: Rusia Klaim Drone Ukraina Serang Wilayahnya, Perang Kembali Panas?

Baca juga: Guna Revitalisasi Musik Tradisional, Dinas Parbudpora Tanjabtim Gelar Perlombaan Kelintang Perunggu

Sumber: Tribun Jambi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved