Renungan Kristen

Renungan Harian Kristen Rabu 7 Des 2022 - Motif Datang Beribadah

Bacaan ayat: Pengkhotbah 4:17 (TB) Jagalah langkahmu, kalau engkau berjalan ke rumah Allah! Menghampiri untuk mendengar adalah lebih baik dari pada me

Editor: Suci Rahayu PK
Instagram @ferinugroho77
Pdt Feri Nugroho 

Renungan Harian Kristen Rabu 7 Des 2022 - Motif Datang Beribadah

Bacaan ayat: Pengkhotbah 4:17 (TB) Jagalah langkahmu, kalau engkau berjalan ke rumah Allah! Menghampiri untuk mendengar adalah lebih baik dari pada mempersembahkan korban yang dilakukan oleh orang-orang bodoh, karena mereka tidak tahu, bahwa mereka berbuat jahat.

Oleh Pdt feri NugroFo

Masih segar dalam ingatan ketika hari itu datang beribadah. Minimal ada lima kebiasaan:

Pertama, mencari posisi ternyaman, datang paling awal, duduk paling belakang, dengan harapan kalau sedikit ngantuk tidak terlihat oleh pelayan ibadah. Padahal dari mimbar, semua terlihat jelas!

Kedua, orang muda yang datang sendiri mencari bangku yang kosong, berharap nanti ada pemudi yang bisa duduk disampingnya. Ini strategi untuk menemukan pasangan hidup!

Ketiga, sistem kontrak tempat; dimana setiap kali datang beribadah selalu duduk di bangku yang sama dan pada posisi yang sama.

Kalau perlu, ditandai secara khusus! Keempat, cari bangku terdepan; agar suara pelayan ibadah terdengar lebih baik, tidak terganggu dengan yang lain.

Biasanya faktor kesehatan. Kelima, sembarangan duduk, yang penting bangku kosong, sebab datang terlambat.

Maka harus rela ditempatkan dimanapun. Berharap saja tidak memakai alas kaki dengan material keras, sebab pasti akan terdengar nyaring saat bersentuhan dengan lantai keramik, dan semua mata memandang!

Terkait dengan perilakupun ada beberapa pemahaman: Pertama, mementingkan kotbah.

Datang kapanpun tetap dianggap sah jika kotbah belum dimulai. Kedua, persembahan.

Yang penting persembahan, kalau perlu nitip ke teman, datang ibadah sebulan sekali cukuplah. Ketiga, yang penting datang. 3D: datang, duduk, diam.

Selesai ibadah, langsung pulang. Kalau perlu duduk didekat pintu keluar. Keempat, para penikmat.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jambi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved