Berita Kota Jambi

80 Ribu Siswa di Kota Jambi Pecahkan Rekor Dunia Pelajar Terbanyak Permainan Cengkling

Sebanyak 80.000 siswa tingkat SD dan SMP di Kota Jambi mengikuti kegiatan pemecahan rekor dunia untuk pelajar terbanyak permainan cengkling Museum Rek

Tribunjambi.com/Srituti Apriliani Putri
80 Ribu Siswa di Kota Jambi Pecahkan Rekor Dunia Pelajar Terbanyak Permainan Cengkling 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Sebanyak 80.000 siswa tingkat SD dan SMP di Kota Jambi mengikuti kegiatan pemecahan rekor dunia untuk pelajar terbanyak permainan cengkling Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).

Sebanyak 2022 siswa melaksanakan permainan cengkling di Lapangan Kantor Wali Kota Jambi, serta 77.978 siswa lainnya mengikuti secara virtual di sekolah masing-masing.

Selain untuk memecahkan rekor MURI, kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan karakter anti korupsi pada peserta didik pelajar SD dan SMP se-Kota Jambi.

Wali Kota Jambi Syarif Fasha menjelaskan permainan cengkling ini merupakan salah satu permainan sebagai metode pencegahan korupsi.

"Karena belum pernah ada permainan pendidikan anti korupsi dan kami sejak tahun 2011 sudah melaksanakan pendidikan anti korupsi dan sudah masuk kurikulum lokalnya," kata Fasha. Rabu, (30/11/2022).

Fasha juga menambahkan, sebagai upaya pencegahan anti korupsi. Pihaknya juga sudah meminta setiap sekolah untuk membuka kantin kejujuran.

"Banyak permainan anti korupsi yang harus diperagakan secara fisik dan kita bisa memulainya di sekolah. Sudah diwajibkan untuk pendidikan anti korupsi dan juga kami meminta sekolah membuka kantin kejujuran. Inilah bentuk dari pada pencegahan korupsi," jelasnya.

Cingklik atau Engklek sendiri merupakan permainan tradisional yang dimainkan dua hingga lima orang anak. Dimana anak-anak dalam permainan ini dapat mengasah kreativitas juga hubungan sosial serta kedisiplinan dan taat aturan.

Pada kegiatan pemecahan rekor MURI permainan cengkling pendidikan anti korupsi ini, para peserta mengenakan pakaian kurung khas Melayu.

Simak berita terbaru Tribunjambi.com di Google News

Baca juga: Jembatan di Sarolangun Memprihatinkan, Beberapa Sambungan Membahayakan Pengguna Jalan

Baca juga: Richard Eliezer Sebut Hubungan Ferdy Sambo dan Brigadir Yosua Baik, Tak Pernah Ada Masalah

Sumber: Tribun Jambi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved