Sidang Ferdy Sambo

Keluarga Brigadir Yosua Protes Penundaan Sidang Akibat KTT G20: Ini Kurang Rasional

Penundaan persidangan Ferdy Sambo Cs akibat event KTT G20 dinilai tidak rasional oleh pihak Brigadir Yosua Hutabarat.

Penulis: Darwin Sijabat | Editor: Heri Prihartono
Istimewa
Sidang Ferdy Sambo ditunda akibat KTT G20 

 


TRIBUNJAMBI.COM - Penundaan persidangan Ferdy Sambo Cs akibat event KTT G20 dinilai tidak rasional oleh pihak Brigadir Yosua Hutabarat.

Kuasa Hukum Brigadir Yosua, Martin Simanjuntak mengatakan bahwa penundaan persidangan Ferdy Sambo Cs akibat KTT G20 tidak seharusnya terjadi.

Penundaan sidang tersebut karena adanya KTT G20 di Bali tidak memiliki hubungan.

Sebab pada sidang sidang sebelumnya saat saksi digabungkan hakim mengatakan bahwa peradilan harus berjalan dengan cepat, sederhana dan murah.

Sehingga alasan penundaan tersebut tidak memiliki korelasi dengan yang disampaikan sebelumnya dalam sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

"Kalau saya melihat di sistem peradilan pidana kita itu ada yang namanya azas cepat, sederhana, biaya ringan," kata Martin Simanjuntak dikutip dari kanal Kompas TV, Minggu (13/11/2022).

Dijelaskannya bahwa cepat tersebut yakni agar penahanan terdakwa tidak terlewati.

"Cepat adalah ada urgensi ataupun kebutuhan waktu untuk melakukan persidangan secepat mungkin, agar limitasi dari batas penahanan itu tidak terlewati itu yang pertama," katanya.

Kemdian kata Martin bahwa persidangan yang berlangsung cepat tersebut untuk memberikan kepastian hukum kepada terdakwa maupun korban, dalam hal ini Brigadir Yosua.

"Yang kedua agar masing-masing pihak baik terdakwa ataupun korban bisa mendapatkan kepastian hukum ya kemanfaatan dan keadilan," tutur Kuasa Hukum Keluarga Beigadir Yosua.

Sehingga menurutnya bahwa penundaan sidang karena adanya pertemuan KTT G20 di Bali tersebbut tidaklah rasional.

"Nah dengan ditundanya dengan alasan G20 ini kurang rasional," ujar Martin Simanjuntak

Terlebih kata Martin bahwa jarak lokasi persidangan di PN Jakarta Selatan jauh dengan kegiatan pertemuan KTT G20 di Bali.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved