Mancing Mania Hati-hati, Nelayan Ini Tewas Setelah Lehernya Diserang Ikan Marlin

Ia tewas setelah lehernya tertusuk moncong ikan marlin yang terjerat pancingnya, pada Selasa (4/10/2022).

Editor: Deddy Rachmawan
ist
Penampakan moncong ikan marlin yang menancap di leher seorang siswa di Sulawasi Tenggara beberapa tahun lalu. Kemarin seorang nelayan di Situbondo tewas setela diserang ikan marlin 

TRIBUNJAMBI.COM - Ikan marlin atau ikan sori yang memiliki moncong runcing bisa membahayakan nelayan yang menangkapnya jika tidak berhati-hati.

Seperti yang dialami oleh Holili (40), seorang nelayan asal Desa Jangkar, Kecamatan Jangkar, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur.

Ia tewas setelah lehernya tertusuk moncong ikan marlin yang terjerat pancingnya, pada Selasa (4/10/2022).

"Korban langsung meninggal seketika di atas perahunya," kata Kapolsek Jangkar, AKP Budiarto dikutip dari Tribunjatim.com, Kamis (6/10).

Kata dia, para nelayan ini mencari ikan pada pukul 03.00 WIB. Tiba di Perairan Mimbo, korban dan seorang rekannya melepas pancing ke laut.

Baca juga: Kapal Trawl Ancam Perairan Tanjabtim dan Nelayan Tradisional

Baca juga: Resep nasi Goreng Putih, Tambah Teri dan Bakso Ikan

Tiba-tiba pancing Holili disambar ikan marlin.Diduga ikan itu berukuran cukup besar. Setelah tarik menarik hampir setengah jam bertahan, korban menarik ikan tersebut ke permukaan sehingga terlihat.

"Korban sempat diperingati temanya agar tidak melihat ke air karena berbahaya," kata Budiarto seperti dikutip TribumJatim.

Namun, korban tidak menggubris peringatan dari temannya. Korban terus menarik ikan yang sudah terjerat pancing itu. Tiba-tiba, ikan tersebut menyerang dan moncongnya mengenai leher korban hingga tembus.

Setelah itu, teman korban membawa korban dan ikan marlin itu ke Pelabuhan Jangkar. Keluarga tidak menuntut adanya penyelidikan sehingga korban langsung dimakamkan.

Perlu diketahui, ikan marlin memang kerap menyerang orang yang menangkapnya.

Kasus serupa pernah terjadi di laut di Desa Wakinamboro, Kecamatan Siompu, Kabupaten Buton Selatan, Sulawesi Tenggara.

Saat itu Sabtu (18/1/2020) malam, seorang pelajar bernama Muhammad Idul (16) yang memancing bersama seorang rekannya di laut juga diserang ikan marlin.

Idul saat itu diserang seekor ikan marlin yang meloncat ke permukaan dan langsung menancapkan moncongnya yang tajam ke leher Idul. Meski Idul selamat namun moncong ikan itu sempat menancap sedalam 15 Cm di lehernya.

Sumber: Tribun Jatim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved