Berita Batanghari

ASN dan PTT Pemkab Batanghari Gelar Parade Pakaian Batik Jambi

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batanghari menggelar Parade Pakaian Batik Jambi dalam rangka memperingati Hari Bati Nasional, Kamis (29/09/2022)

Penulis: A Musawira | Editor: Suci Rahayu PK
Tribunjambi.com/Musawira
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batanghari menggelar Parade Pakaian Batik Jambi dalam rangka memperingati Hari Bati Nasional, Kamis (29/09/2022) di Halaman Kantor Bupati Batanghari. 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARABULIAN - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batanghari menggelar Parade Pakaian Batik Jambi dalam rangka memperingati Hari Bati Nasional, Kamis (29/09/2022) di Halaman Kantor Bupati Batanghari.

Rangkaian kegiatan ini sesuai surat edaran dari Sekda Provinsi Jambi nomor: UND-005/174/SETDA-PRKM.1.2/IX/2022 pada 23 September 2022 tentang Peringatan Hari Batik Nasional.

Bupati Batanghari, Muhammad Fadhil Arief yang diwakili Sekda Batanghari, Muhammad Azan menyampaikan penetapan batik sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan non benda pada 2 Oktober 2009 oleh UNESCO merupakan awal bagi penetapan hari batik nasional setiap 2 Oktober.

Peringatan ini merupakan wujud apresiasi warga sebagai anak bangsa atas karya leluhur bangsa.

Hal ini tentu juga menjadi satu upaya untuk meningkatkan martabat bangsa Indonesia dan citra positif di forum internasional, serta keinginan pemerintah untuk menumbuhkan kebanggaan dan kecintaan masyarakat terhadap kebudayaan Indonesia.

Baca juga: Lubuk Penyengat Desa Baru Kawasan Candi Muarajambi, Secercah Harapan Taman Wisata Budaya Kreatif

Baca juga: Promo KFC Hari Ini 29 September 2022, 9 Ayam Rp120 Ribu

"Batik merupakan salah satu produk budaya bangsa yang telah mendunia, dan beberapa dasawarsa terakhir, batik kian massif dikenal kepada segenap kalangan jenjang usia untuk memakainya dalam berbagai kesempatan. Banyak inovasi yang dilakukan oleh berbagai pihak sehingga hari ini kita bisa melihat batik telah tumbuh menjadi produk industri yang banyak memberi nilai tambah bagi kehidupan kita," katanya di atas podium.

Melalui peringatan hari batik nasional 2022 ini, Pemerintah Provinsi Jambi beserta jajaran pemerintah kabupaten kota se-Provinsi Jambi berupaya menciptakan semangat untuk mencintai batik.

"Seiring dengan semangat tersebut Pemerintah Daerah Kabupaten Batanghari beberapa waktu lalu telah melaksanakan kegiatan Pendidikan dan pelatihan three in one batik tulis bagi perajin batik," ucapnya.

Melalui kegiatan tersebut diharapkan ada kesinambungan dan peningkatan kapasitas perajin batik yang ada. Tentu tidak berhenti di sana ke depan harus bersama-sama mendorong tumbuhnya industri batik Batanghari khususnya, batik Jambi umumnya dengan bangga dan cinta memakai batik pada berbagai event resmi ataupun tidak resmi.

"Saya berharap agar peringatan Hari Batik Nasional ini dapat kita jadikan momentum untuk cinta dan bangga memakai produk nasional,” ucapnya.

Serangkaian kegiatan peringatan Hari Batik Nasional tingkat Provinsi Jambi berupa parade pakaian batik Jambi 10.000 ASN yang ditujukan untuk mendapatkan rekor MURI, gelar produk batik Jambi dan fashion street batik Jambi patut diapresiasi. (Tribunjambi.com/Musawira)


Simak berita terbaru Tribunjambi.com di Google News

Sumber: Tribun Jambi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved