Viral Aturan PNS yang Ceraikan Istri Wajib Berikan Setengah Gaji ke Mantan Istri, Ini Penjelasan BKN

Beredar unggahan soal informasi yang menyebut jika Pegawai Negeri sipil (PNS) yang menceraikan istrinya maka setengah gajinya harus diberikan ke manta

Editor: Suci Rahayu PK
TikTok @seblak061074
Viral video yang menyebutkan PNS yang ceraikan istri wajib berikan separuh gaji ke mantan istri 

TRIBUNJAMBI.COM - Beredar unggahan soal informasi yang menyebut jika Pegawai Negeri sipil (PNS) yang menceraikan istrinya maka setengah gajinya harus diberikan ke mantan istri.

Unggahan yang diposting aky TikTok @seblak061074 ini menuliskan "“Para mantan suami (PNS), sekarang lg galau ada aturan baru yg mengharuskan para ex suami harus memberi nafkah ke istrinya separuh dari gajinya… jadi, sekarang tdk ada lg mantan istri yg terlantar. Krn setengah gaji ex suami lgsg d trsfr ke rek ex istri sbg biaya hidup istri dan anak2nya. Peraturan ini berlaku utk para laki2 yg menggugat cerai istrinya… dan bukan sebaliknya ya…,” ujar akun tersebut.

Namun peraturan ini tidak berlaku jika mantan istri sudah menikah lagi

Benarkah ada aturan baru yang mengharuskan gaji suami yang menceraikan istri diberikan setengahnya untuk mantan istri?

Dikutip dari laman Kompas.com, berikut penjelasan BKN.

Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama Badan Kepegawaian Negara (BKN) Satya Pratama menjelaskan bahwa memang terdapat ketentuan baru terkait gaji suami yang menceraikan istri yang ada di Surat Kepala BKN Nomor 6437/B-AK.03/SD/F/2022.

“Itu surat Kepala BKN ke seluruh PPK Instansi Pusat, Provinsi, dan Kab/Kota,” ujar Satya kepada Kompas.com, Jumat (23/9/2022).

Satya menjelaskan isi surat tersebut adalah menguatkan surat terdahulu. “Isinya menguatkan surat terdahulu,” ungkapnya.

Surat tersebut menurutnya menegaskan bahwa berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor:10 Tahun 1983 Jo.

Baca juga: Janji Manis Reza Arap ke Wendy Walters, Sampai Bersumpah Buat Istri Bahagia

Baca juga: UPDATE Elektabilitas Calon Presiden 2024, Ganjar Pranowo Tertinggi Disusul Prabowo dan Anies

Peraturan Pemerintah Nomor 45 Tahun 1990 tentang Ijin Perkawinan dan Perceraian bagi Pegawai Negeri Sipil, terdapat sejumlah ketentuan antara lain pada:

a. Pasal 8

1. Apabila perceraian terjadi atas kehendak Pegawai Negeri Sipil pria, maka ia wajib menyerahkan sebagian gajinya untuk penghidupan bekas istri dan anak-anaknya.

2. Pembagian gaji sebagaimana dimaksud ayat (1) ialah sepertiga untuk Pegawai Negeri Sipil pria yang bersangkutan, sepertiga untuk bekas istrinya, dan sepertiga untuk anak atau anak-anaknya.

3. Apabila dari perkawinan tersebut tidak ada anak maka bagian gaji yang wajib diserahkan oleh Pegawai Negeri Sipil kepada bekas istrinya ialah setengah dari gajinya.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved