Jadi Satker WBK se-Jambi, Kejari Tanjabtim Bersaing dengan 25 Kejaksaan Lain

Kejaksaan Negeri Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) mewakili Provinsi Jambi menjadi Satker Zona integritas menuju wilayah bebas korupsi.

Penulis: Rifani Halim | Editor: Teguh Suprayitno
Tribunjambi/Rifani
Kepala Seksi Tindak Pidanan Khusus Kejari Tanjabtim Reynold. 

 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARASABAK - Kejaksaan Negeri Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) mewakili Provinsi Jambi menjadi Satker Zona integritas menuju wilayah bebas korupsi (WBK) satu-satunya di bawah Kejaksaan Tinggi Jambi, bersaing dengan 25 satker utusan kejaksaan.

Kepala Seksi Tindak Pidanan Khusus Kejari Tanjabtim Reynold menyebutkan, Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi ini adalah suatu kewajiban dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan pengawasan terhadap institusi.

"Wilayah Bebas Korupsi ini tidak lagi menjadi ajang perlombaan, melainkan sudah menjadi kewajiban bagi kejaksaan di seluruh Indonesia," katanya.

Reynold menerangkan, salah satu untuk meningkatkan pelayanan publik, seperti penyambutan atau pelayanan tamu dalam Satu gedung atau Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), kecuali terhadap tamu yang datang untuk pemeriksaan khusus tindak pidana korupsi.

"Selain itu juga ada pengambilan tilang. Dimana dalam pengambilan tilang itu diberikan waktu 5 menit, jika lebih dari waktu yang ditentukan, maka akan diberikan kompensasi oleh petugas berupa snack dan minuman," terangnya.

Baca juga: Kejari Tanjabtim Terima Barang Bukti Ratusan Botol Miras Asal Batam

Lanjutnya, untuk barang bukti yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap berdasarkan putusan pengadilan, sebelum Tiga hari sudah harus diambil oleh pemiliknya. Namun, jika tidak juga diambil dalam waktu yang telah ditentukan, maka pihaknya akan mengantarkan langsung kepada pemiliknya.

"Kita antarkan langsung barangnya. Dengan catatan sudah sudah ada putusan dari pengadilan atau memiliki kekuatan hukum tetap," katanya.

Dia menambahkan seluruh pelayanan yang diberikan Kejari Tanjabtim itu gratis tidak ada dipungut biaya apapun. Apabila ada indikasi pemungutan atau pungli bisa  melaporkan nomor layanan kejaksaan dan akan segera kami tindak lanjuti.

Baca juga: Kronologi Penangkapan Komplotan Perompak di Tanjabtim, Berawal dari Ikan Tenggiri di Boks

"Semoga Kejari Kabupaten Tanjabtim dapat meraih Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan wilayah birokrasi bersih melayani di tahun 2022 ini," tambahnya.

(Tribun Jambi / rifanihalim)

Baca berita  terbaru Tribunjambi.com di Google News

Sumber: Tribun Jambi
  • Baca Juga
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved