Berita Jambi

Biaya Perkara Perceraian Bisa Gratis, Ini Syaratnya

Biaya perkara perceraian terdapat beberapa kategori, baik secara gratis atau prodeo dan dikenakan biaya administrasi yang nominalnya sekitar Rp 500 ri

Tribunjambi.com/Darwin Sijabat
Dasril selaku Humas Pengadilan Agama Jambi 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Biaya perkara perceraian terdapat beberapa kategori, baik secara gratis atau prodeo dan dikenakan biaya administrasi yang nominalnya sekitar Rp 500 ribu.

Kepala Pengadilan Agama Kelas IA Jambi melalui Dasril selaku Humas menyampaikan bahwa dapat dikenakan biaya tersebut tergantung pada jarak para pihak.

"Biaya itu tergantung kepada radius (jarak red) dimana para pihak itu berada," ujarnya belum lama ini kepada Tribunjambi.com.

Biaya itu disebutkannya diperuntukkan untuk disetorkan ke negara dan operasional pemanggilan para pihak selama proses persidangan.

Namun terdapat juga bagi yang berpekara tidak dikenakan biaya atau yang biasa disebut prodeo.

Untuk perkara yang ditangani secara prodeo tersebut diterapkan beberapa kategori.

Persyaratan mengacu pada Peraturan Menteri Agama Nomor 1 Tahun 2014 dan SE Dirjen Badilag Nomor 0508.a/DJA/HK.00/III/2014 tentang petunjuk teknis pedoman pelaksanaan pemberian layanan hukum bagi masyarakat miskin di Pengadilan.

"Kategorinya memang orang itu tidak mampu membayar perkara, dengan menunjukkan surat keterangan tidak mampu," ujarnya.

Dalam satu tahunnya, dia mengatakan untuk Pengadilan Agama Kelas IA Jambi mendapatkan 30 hingga 40 perkara.

Sedangkan gambaran biaya gugatan tersebut yakni disetorkan ke negara sekitar Rp 105 ribu ditambah PNBP penggugat dan tergugat Rp 20 ribu, materai Rp 10 ribu dan kepaniteraan Rp 10 ribu. Sehingga jumlah Rp 145 ribu.

Kemudian biaya panggilan, terganggu jarak atau radius. Untuk kota yang sama dikenakan Rp 100 ribu.

"Kita kenakan panjar biaya atau diperkirakan berapa biaya perkara, kalau lebih akan dikembalikan kepada pihak. Disini paling sekitar Rp 1 juta. Nanti kalau tidak kepakai akan dikembalikan," ungkapnya.

Disebutkannya, bahwa gambaran biaya yang dibutuhkan tersebut berada disekitaran angka Rp 500 ribu.

Namun terkait adanya informasi pemungutan biaya sampai Rp 2 juta dibantahnya. Namun kemungkinan hal itu terjadi karena menggunakan jasa orang lain.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jambi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved