Berita Tanjabtim

Ini Penyebab SPAM Tanjabtim Tak Alirikan Air Bersih ke Warga

Kondisi Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di Kecamatan (IKK) Muara Sabak Timur tidak dapat mengalirkan air bersih ke rumah-rumah warga setempat, kare

Penulis: Rifani Halim | Editor: Rian Aidilfi Afriandi
TRIBUNJAMBI.COM/RIFANI HALIM
Ini Penyebab SPAM Tanjabtim Tak Alirikan Air Bersih ke Warga 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARASABAK - Kondisi Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di Kecamatan (IKK) Muara Sabak Timur tidak dapat mengalirkan air bersih ke rumah-rumah warga setempat, karena mengalami kendala.

Plt Kepala UPTD SPAM Tanjab Timur Deni Riandi menjelaskan, sejak beberapa hari kemarin memang ada kerusakan mesin di lokasi SPAM IKK, dan iItu lah yang menyebabkan suplai air ke rumah-rumah warga sering tidak mengalir.

“kendala yang menyebabkan asupan air ke rumah-rumah pelanggan kerap tidak mengalir, itu dikarenakan adanya kerusakan mesin di lokasi SPAM IKK di Kecamatan Muara Sabak  Timur." jelasnya.

Selain kendala kerusakan mesin, Deni juga menuturkan, saat ini pihak SPAM IKK di Kecamatan Muara Sabak Timur juga kerap menerima laporan terkait adanya sejumlah pipa penyalur di sekitar pemukiman warga yang mengalami kebocoran. petugas juga sering menemukan adanya kebocoran pipa di wilayah Sabak Timur.

“Jadi itu juga yang menjadi faktor penyebab air dari SPAM IKK di wilayah sana sejak beberapa hari tidak mengalir ke rumah pelanggan. Namun Alhamdulillah semua permasalahan tersebut satu-persatu sudah mulai teratasi," tuturnya.

Deni menambahkan, ada beberapa kendala lain di lokasi SPAM IKK Kecamatan Muara Sabak  Timur yang masih menjadi PR bagi mereka. Diantaranya terkait ketersediaan sumber energi listrik tambahan Genset, jika sewaktu-waktu di lokasi tersebut terjadi pemadaman PLN.

Ketersediaan bak tampung yang ada di lokasi SPAM IKK tersebut saat ini juga tidak mampu lagi mencukupi kebutuhan pelanggan yang ada di wilayah itu, serta beberapa sarana prasarana yang ada saat ini juga sudah butuh peremajaan.

"Insya Allah tahun depan akan kita ajukan untuk kebutuhan Genset di lokasi SPAM IKK Kecamatan Muarasabak Timur itu. Kalau untuk kebutuhan Genset di SPAM IKK yang ada di beberapa kecamatan lain, Alhamdulillah kondisinya masih layak pakai," ungkapnya.

Saat ini, SPAM IKK tersebut sebenarnya sudah tersedia Genset, tetapi kondisinya sudah tidak bisa lagi dipergunakan akibat telah mengalami kerusakan yang cukup parah dan dianggap sudah tidak layak pakai.

Simak berita terbaru Tribunjambi.com di Google News

Baca juga: Begini Tanggapan Nelayan di Tanjabbar Setelah Kenaikan Harga BBM

Baca juga: Disnaker Tanjabbar Sebut Tenaga Asing Paling Banyak Ada di LPPI

Baca juga: Cegah Penyakit Cacar Monyet PHBS, Dinkes Kerinci Ajak Masyarakat Terapkan Pola Hidup Sehat

Sumber: Tribun Jambi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved